Tanggal 20 Juli 2022, LINE memutuskan untuk menutup layanan OpenChat-nya di Indonesia. Padahal, dua minggu sebelumnya LINE baru saja menutup layanan LINE Today. Mengingat banyak mahasiswa (dan pelajar) yang memakai LINE sebagai aplikasi media sosial mereka, kabar ini mungkin mengagetkan dan mengecewakan. Maka, “mengapa?”
Yang Resmi-resmi
Mengutip pernyataan resmi LINE mengenai penutupan OpenChatLINE Indonesia 1LINE Indonesia (2022a) “Pemberitahuan Mengenai Penutupan LINE OpenChat di Indonesia”. notice2.line.me. https://notice2.line.me/SQUARE/web/document/notice?documentId=20196164 , “LINE Indonesia telah memutuskan untuk melakukan langkah strategis untuk fokus pada bisnis teknologi finansial di Indonesia.” Pernyataan ini mirip sekali dengan yang tertera di laman statis LINE Today Indonesia 2LINE Indonesia (2022b) “Pengumuman Terkait Penutupan LINE TODAY di Indonesia”. today.line.me. https://today.line.me/dist/eb704053/static/pages/id_sunset.html, bahwa LINE, “… mengambil keputusan menonaktifkan layanan LINE TODAY di Indonesia,” karena perubahan strategi bisnis LINE.
Iya, benar, keduanya ditutup karena adanya perubahan strategi bisnis. Contoh yang paling terkenal mungkin LINE Bank; pada Juni 2021, LINE bekerja sama dengan PT Bank KEB Hana Indonesia untuk merilis “LINE Bank by Hana Bank”, alias LINE Bank 3LINE Indonesia Official Blog (2021). “LINE dan PT Bank KEB Hana Indonesia Siap Luncurkan LINE Bank by Hana Bank di Indonesia”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-Bank-by-Hana-Bank.html. LINE Bank sendiri, menurut liputan Aeni 4Aeni, S.N. (2022). “10 Bank Digital Ini Paling Dikenal Masyarakat Indonesia”. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/intan/finansial/620bacdf09883/10-bank-digital-ini-paling-dikenal-masyarakat-indonesia atas survei DailySocial pada tahun 2021, adalah salah satu bank digital yang paling dikenal masyarakat Indonesia; LINE Bank berada di posisi kelima dan dikenal 23,5% dari 1.500 responden survei tersebut.
Mengingat bahwa survei tersebut dipublikasi pada akhir Desember 2021, alias hanya enam bulan setelah rilisnya LINE Bank, popularitasnya mungkin bisa dibilang cukup tinggi. Ini jugalah yang mungkin menjadi alasan mengapa setahun setelah launching-nya, LINE Bank meluncurkan fitur pinjaman digitalnya pada Juni 2022 5LINE Indonesia Official Blog (2022a). ”LINE Bank oleh Hana Bank Luncurkan Fitur Pinjaman Digital“. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-Bank-meluncurkan-fitur-pinjaman-digital.html. Selain LINE Bank, ada juga LINE SPLITBILL, yakni layanan berbagi tagihan oleh LINE 6LINE Indonesia Official Blog (2022b). “LINE SPLITBILL Memperkenalkan Fitur Terbaru, Payment Info, Reminder, dan History”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-SPLITBILL-Rilis-Fitur-Baru.html; serta diluncurkannya DOSI pada September 2022 ini, yaitu platform NFT global oleh LINE NEXT 7LINE Indonesia Official Blog (2022c). “LINE NEXT Meluncurkan Platform NFT Global DOSI Versi Beta”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-NEXT-Meluncurkan-Platform-NFT-Global-DOSI-Versi-Beta.html.
Menarik, tapi semua layanan ini (serta layanan finansial LINE lainnya), suka atau tidak, kemungkinan besar bergantung pada satu hal: popularitas LINE sebagai media sosial. Memang asumsi bahwa popularitas LINE menentukan keberhasilan LINE Bank (serta DOSI) di Indonesia tidak bisa dipastikan kebenarannya tanpa penelitian, tapi asumsi ini rasanya cukup logis. Lalu, nasib LINE sebagai media sosial sendiri bagaimana?
Yang Spekulasi
Mengunjungi akun resmi LINE OPENCHAT di LINE Voom, pos terakhir akun tersebut adalah pada 23 Juni 2022 ketika mengumumkan penutupan layanan tersebut 8LINE OPENCHAT (2022). “LINE OPENCHAT”. linevoom.line.me. https://linevoom.line.me/user/_ddd36WEEeU9w08lQ3EHTNGHdp5Vrb1dyNpG9GHQ. Namun, coba lihat pos-pos sebelumnya: sebelum pengumuman penutupan-nya, LINE OpenChat masih banyak melakukan kerja sama di LINE OpenChat. Mulai dari persiapan UTBK sampai open house kampus-kampus seperti Unsoed dan UGM, penutupan LINE OpenChat terasa mendadak ‘kan?
Senada dengan kontrasnya kegiatan LINE OpenChat yang bejibun sebelum penutupannya, LINE Today juga demikian. Pos terakhir akun resmi LINE TODAY di LINE Voom mendapatkan nyaris 3.000 likes 9LINE TODAY (2022). “LINE TODAY”. linevoom.line.me. https://linevoom.line.me/user/_dd7yML7PHou0l_Lt5tdSChYx8udshK5WPgEqDU4, sedangkan pos terakhirnya di Instagram dengan akun @linetoday berisi segelintir komentar yang meminta kembalinya LINE Today 10linetoday (2022) “Tongkrongan kameeeee…”. Instagram.com https://www.instagram.com/p/Cfp8_EqA3Zr/.
Namun, selain kedua penutupan tersebut, LINE ternyata juga menutup beberapa layanan lainnya yang kurang diliput. Salah satunya adalah LINE Jobs, layanan penyedia informasi lowongan pekerjaan oleh LINE Indonesia 11Pratama, K.R. (2022) “LINE Jobs Tutup Layanan Mulai 30 Agustus 2022”. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2022/08/04/16350097/line-jobs-tutup-layanan-mulai-30-agustus-2022?page=all, yang pada 30 Agustus 2022 ikut menutup layanannya di Indonesia. Sebelumnya, ada juga LINE Lite, yakni aplikasi alternatif LINE yang menurut Damar (2015) adalah LINE versi “ringan” yang hanya, “membawa fitur inti dari aplikasi Line.” LINE Lite mengalami nasib yang sama dengan LINE Today, LINE OpenChat, dan LINE Jobs: pada 28 Februari 2022 kemarin, LINE Lite ditutup 12LINE Indonesia Official Blog (2022d) “[Pengumuman Penting] Terkait Penghentian LINE Lite”. official-blog-id.line.me..
Lagipula, kalau LINE menyebutkan ingin fokus pada layanan fintech seperti yang dilaporkan Shahnaz 13Shahnaz, K. (2019). “Sengaja Tutup 3 Layanan, LINE Ingin Fokus ke Fintech”. Bisnis.com. https://teknologi.bisnis.com/read/20220801/266/1561785/sengaja-tutup-3-layanan-line-ingin-fokus-ke-fintech, sebenarnya LINE sebelumnya telah mengembangkan fitur pembayaran LINE Pay yang bahkan pernah bekerja sama dengan Bank Mandiri dan e-cash-nya 14indo_line (2016). “Hai Sahabat LINE hari ini @bankmandiri resmi kejasama dengan LINE.” Twitter.com. https://twitter.com/indo_line/status/795481901666443264. Lantas, bagaimana nasib LINE Pay? Kurang jelas, tetapi menurut Sari 15Sari, F. (2019) “Tahun depan Line Indonesia akan meluncurkan layanan fintech”. Kontan.co.id. https://keuangan.kontan.co.id/news/tahun-depan-line-indonesia-akan-meluncurkan-layanan-fintech dan Syarizka 16Syarizka, D. (2021). “Pasang Surut Line di Fintech: Tutup Line Pay, Rayu Gen Z Jadi Nasabah Bank Digital”. Techinasia.com. https://id.techinasia.com/pasang-surut-line-di-fintech, LINE Pay sepertinya tutup pada tahun 2019 atau sebelumnya.
Aneh nggak? Bener sih kalau perusahaan bebas menentukan arah perkembangannya, tapi LINE di Indonesia dikenal sebagai platform media sosial/social messenger terlebih dahulu, bukan sebagai LINE Bank; Jatmiko 17Jatmiko, L.D. (2022). “Line Bank Raih Lebih 440.000 Pengguna”. Bisnis.com. https://finansial.bisnis.com/read/20220713/90/1554631/line-bank-raih-lebih-440000-pengguna melaporkan pengguna aktif LINE Bank menurut Anton Hermawan, Consumer Banking Director Bank KEB Hana Indonesia, berjumlah 440 ribu pada April 2022. Kalau begitu, bagaimana jumlah penggunanya LINE? Kita tidak bisa memastikan tentunya, tapi seperti yang dilaporkan Bohang 18Bohang, F.K. (2016). “Di Indonesia, Jumlah Pengguna Line Pepet Facebook”. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2016/09/03/09490637/di.indonesia.jumlah.pengguna.line.pepet.facebook, menurut Managing Director Line Indonesia, Ongki Kurniawan, pengguna LINE di Indonesia pada saat itu mencapai 72 juta pengguna aktif dari 90 juta pengguna total. Hebat, ya?
Masalahnya, jika kita membandingkan dengan statistik yang lebih mutakhir rilisan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam Irawan dkk. 19Irawan, A.W., dkk. (2020). “Laporan Survei Internet APJII: 2019 – 2020 (Q2)”. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://www.infotek.id/licenses/survey_apjii_2020/Survei_APJII_2019-2020_Q2.pdf, pengguna LINE di Indonesia hanya 2,5% dari 7.000 responden survei tersebut. Mengekstrapolasi data ini secara kasar kepada 196,7 juta pengguna internet di Indonesia pada saat itu, pengguna LINE artinya hanya 4,9 juta saja! Bahkan jika menggunakan data lainnya, yakni Status Literasi Digital Indonesia dalam Kementerian Komunikasi dan Informatika 20Katadata Insight Center dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (2020). “Status Literasi Digital Indonesia 2020”. survei.literasidigital.id. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_Nasional_2020.pdf dan Kementerian Komunikasi dan Informatika 21Katadata Insight Center dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (2021). “Status Literasi Digital di Indonesia 2021”. survei.literasidigital.id. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_diIndonesia%20_2021_190122.pdf, pengguna LINE hanyalah sejumlah 7,1% pada 2020 dan 4,5% pada 2021 dari responden kedua survei tersebut. Jika kedua angka ini kita aplikasikan dengan kasar pada 202,6 juta pengguna internet Indonesia pada awal 2021, artinya jumlah pengguna LINE bisa ditaksir pada angka 14,4 juta pada 2020 dan 9,1 juta pada 2021.
Yang Pribadi
Saya sendiri bukanlah pemain lama di ranah LINE, dan, full disclosure, saya sendiri pernah mendapatkan kontrak dan/atau imbalan dari PT. LINE Plus Indonesia, tapi saya harus jujur: bagi saya langkah-langkah “aneh” LINE tidak sepenuhnya mengejutkan. Bagi kalian yang pernah atau masih menggunakan LINE, mungkin tahu LINE Timeline alias LINE Voom. Walau akun manapun bisa membagikan konten di LINE Voom, konten LINE Voom umumnya didominasi akun LINE Official Account (LINE OA), semacam akun khusus untuk bisnis atau komunitas yang bisa diikuti secara massal.
Kini kalian mungkin bertanya, “Tapi, mengapa bahas LINE OA?” Jawabannya sederhana: pola LINE sekarang mirip dengan kebijakan LINE pada LINE OA dulu. Sebelum menjadi LINE OA, layanan LINE OA sempat bernama LINE@ 22LINE Indonesia Official Blog (2019). “Upgrade LINE@ Jadi LINE Official Account Tambahkan Fitur dan Fungsi Baru”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/[email protected], LINE@ (serta LINE OA) ini unik karena LINE pun juga unik: tidak seperti sebagian besar media sosial atau social messenger lainnya, LINE adalah media sosial dan social messenger. Berbekal kompromi antara keduanya, yakni media sosial untuk berbagi informasi (ibaratnya Facebook dan Instagram) namun juga social messenger (layaknya Whatsapp), LINE memberikan fitur spesial untuk LINE@ (dan LINE OA), yaitu broadcast.
Broadcast, sesuai namanya, adalah fitur di mana sebuah akun LINE@ (dan kini LINE OA) bisa mengirimkan pesan (chat) ke seluruh pengikutnya. Iya, semuanya, meski dengan batasan. Punya akun dengan 10 ribu follower? Kalian bisa kirim pesan secara sekaligus kepada masing-masing dari 10 ribu pengikut itu. Ada konten Economica baru? Broadcast saja! Ada jualan merch kaos baru? Broadcast lagi. Enak? Enak!
Namun, semua yang enak akan ada akhirnya (atau pahitnya). Ingat batasan yang disebutkan di atas? Dulu, pada saat LINE@, batas broadcast gratis adalah 300 ribu per bulan; dengan kata lain, suatu akun LINE@ bisa mengirimkan sebanyak 300 ribu broadcast, satu kuota broadcast untuk satu follower. Namun, setelah menjadi LINE OA, angka 300 ribu ini jatuh menjadi 500 broadcast saja. Untuk mengirim lebih dari itu, kita harus membayar sebanyak Rp250.000 untuk 10 ribu broadcast atau Rp750.000 untuk 40 ribu broadcast.
LINE memang berekspansi dengan fitur-fitur lain setelah perubahan LINE@ ke LINE OA, seperti LINE Today dan LINE Square (yang berubah menjadi LINE OpenChat) yang bisa dibilang populer — mengutip Damar23Damar, A.M. (2022). “Layanan Line OpenChat Tutup 20 Juli 2022 di Indonesia”. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4994811/layanan-line-openchat-tutup-20-juli-2022-di-indonesia, “850.000 grup komunitas yang telah diwadahi Line OpenChat, dengan kurang lebih dari 100 juta chat per bulan,” sedangkan menurut Sondakh dkk. 24Sondakh, Merry G. A., dkk. (2017). “Pengaruh Berita Line Today Terhadap Perilaku Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi.” Acta Diurna, 6(1)., Triandra dan Imran 25Triandra, D. dan Imran, A.I. (2017) “Pengaruh Terpaan Fitur LINE TODAY Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung”. e-Proceeding of Management, 4(2): 1970—1977., dan Prihantoro dan Ohorella 26Prihantoro, E. dan Ohorella N.R. (2021). “Line Today dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksin Covid 19 Pada Mahasiswa Sebelum Pembelajaran Luring”. PERSEPSI: Communication Journal. 4(2): 142—149. http://dx.doi.org/10.30596%2Fpersepsi.v4i2.6886 LINE Today menjadi sumber berita yang signifikan di kalangan mahasiswa dan alumni. Meski begitu, sejak berubahnya LINE@ menjadi LINE OA, menurut saya layanan yang diberikan LINE makin menurun dari segi keterjangkauannya bagi para penggunanya; buktinya LINE OpenChat dan LINE Today yang populer pun dihentikan. Fitur broadcast LINE@ yang dulu membuat LINE diminati juga kena; sekarang broadcast LINE OA yang berbayar malah tidak tersedia lagi sejak Juli 2021 27LINE Indonesia (2022c) “Monthly Plan & Premium ID is no longer available for Indonesia region”. manager.line.biz. https://manager.line.biz/announce/20196353.
Yang Opini
Alhasil, beginilah LINE yang sekarang: hilang sudah semua fitur yang membuatnya spesial dibanding media sosial atau social messenger lain. Memang masih ada sticker-nya yang eksklusif, serta beberapa fitur unik lainnya seperti LINE Keep serta Notes-nya group LINE, tapi praktisnya LINE tidak berbeda banyak dari Whatsapp, Telegram, dan sebagainya. Meski LINE Bank sendiri itu ekspansi yang baik, dengan berkurangnya fitur-fitur LINE, sepertinya masa depan LINE di Indonesia suram. Lebih lagi, LINE malahan merilis DOSI yang merupakan platform NFT, padahal pasar token “nirtukar” ini sudah mulai lesu 28kumparanTECH (2022). “Pasar Kripto Lesu, NFT Anjlok Setahun Terakhir”. Kumparan.com. https://kumparan.com/kumparantech/pasar-kripto-lesu-nft-anjlok-setahun-terakhir-1yOIaD2F39D/full 29Dewi, I.R. (2022). “Penjualan Anjlok Dalam, Masa Depan NFT Suram?” CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220705163944-37-353156/penjualan-anjlok-dalam-masa-depan-nft-suram 30Riyanto, G.P. (2022). “Transaksi NFT di OpenSea Turun 99 Persen Pasca-Mei 2022”. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2022/08/31/08000087/transaksi-nft-di-opensea-turun-99-persen-pasca-mei-2022?page=all.
Aneh. Bukannya memberikan alternatif unik terhadap Whatsapp, Telegram, Discord, Instagram, Facebook, dan lainnya, LINE memutuskan untuk menyederhanakan layanannya yang sebenarnya berfungsi. LINE Today, yang dulunya adalah cara mudah mendapatkan berita tanpa harus ke browser, ditutup; LINE OpenChat, yang sempat menjadi forum terbuka bagi seluruh pengguna LINE untuk bertemu menurut kesukaan mereka, juga ditutup; LINE OA, yang menjadikan LINE layaknya hybrid Facebook dan Whatsapp, ikut dikekang.
Mengapa LINE mengambil keputusan-keputusan yang seakan-akan swasida (alias “bunuh diri”) ini? Entah siapa yang tahu, kecuali Tuhan dan LINE, tapi saya duga ini keputusan para petinggi korporat yang tidak kenal pasar lokal di Indonesia.
Kini, LINE sudah usang, dan saya tebak akan gulung tikar di Indonesia dalam waktu satu atau dua tahun lagi. Sudah waktunya bagi mahasiswa (dan pelajar) Indonesia, khususnya sivitas Universitas Indonesia dan khususnya lagi para pembaca Economica, untuk mencari “pelabuhan” per-chatting-an baru, seperti Discord atau mengikuti para orang tua ke Whatsapp.
Referensi
↵1 | LINE Indonesia (2022a) “Pemberitahuan Mengenai Penutupan LINE OpenChat di Indonesia”. notice2.line.me. https://notice2.line.me/SQUARE/web/document/notice?documentId=20196164 |
---|---|
↵2 | LINE Indonesia (2022b) “Pengumuman Terkait Penutupan LINE TODAY di Indonesia”. today.line.me. https://today.line.me/dist/eb704053/static/pages/id_sunset.html |
↵3 | LINE Indonesia Official Blog (2021). “LINE dan PT Bank KEB Hana Indonesia Siap Luncurkan LINE Bank by Hana Bank di Indonesia”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-Bank-by-Hana-Bank.html |
↵4 | Aeni, S.N. (2022). “10 Bank Digital Ini Paling Dikenal Masyarakat Indonesia”. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/intan/finansial/620bacdf09883/10-bank-digital-ini-paling-dikenal-masyarakat-indonesia |
↵5 | LINE Indonesia Official Blog (2022a). ”LINE Bank oleh Hana Bank Luncurkan Fitur Pinjaman Digital“. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-Bank-meluncurkan-fitur-pinjaman-digital.html |
↵6 | LINE Indonesia Official Blog (2022b). “LINE SPLITBILL Memperkenalkan Fitur Terbaru, Payment Info, Reminder, dan History”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-SPLITBILL-Rilis-Fitur-Baru.html |
↵7 | LINE Indonesia Official Blog (2022c). “LINE NEXT Meluncurkan Platform NFT Global DOSI Versi Beta”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/LINE-NEXT-Meluncurkan-Platform-NFT-Global-DOSI-Versi-Beta.html |
↵8 | LINE OPENCHAT (2022). “LINE OPENCHAT”. linevoom.line.me. https://linevoom.line.me/user/_ddd36WEEeU9w08lQ3EHTNGHdp5Vrb1dyNpG9GHQ |
↵9 | LINE TODAY (2022). “LINE TODAY”. linevoom.line.me. https://linevoom.line.me/user/_dd7yML7PHou0l_Lt5tdSChYx8udshK5WPgEqDU4 |
↵10 | linetoday (2022) “Tongkrongan kameeeee…”. Instagram.com https://www.instagram.com/p/Cfp8_EqA3Zr/ |
↵11 | Pratama, K.R. (2022) “LINE Jobs Tutup Layanan Mulai 30 Agustus 2022”. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2022/08/04/16350097/line-jobs-tutup-layanan-mulai-30-agustus-2022?page=all |
↵12 | LINE Indonesia Official Blog (2022d) “[Pengumuman Penting] Terkait Penghentian LINE Lite”. official-blog-id.line.me. |
↵13 | Shahnaz, K. (2019). “Sengaja Tutup 3 Layanan, LINE Ingin Fokus ke Fintech”. Bisnis.com. https://teknologi.bisnis.com/read/20220801/266/1561785/sengaja-tutup-3-layanan-line-ingin-fokus-ke-fintech |
↵14 | indo_line (2016). “Hai Sahabat LINE hari ini @bankmandiri resmi kejasama dengan LINE.” Twitter.com. https://twitter.com/indo_line/status/795481901666443264 |
↵15 | Sari, F. (2019) “Tahun depan Line Indonesia akan meluncurkan layanan fintech”. Kontan.co.id. https://keuangan.kontan.co.id/news/tahun-depan-line-indonesia-akan-meluncurkan-layanan-fintech |
↵16 | Syarizka, D. (2021). “Pasang Surut Line di Fintech: Tutup Line Pay, Rayu Gen Z Jadi Nasabah Bank Digital”. Techinasia.com. https://id.techinasia.com/pasang-surut-line-di-fintech |
↵17 | Jatmiko, L.D. (2022). “Line Bank Raih Lebih 440.000 Pengguna”. Bisnis.com. https://finansial.bisnis.com/read/20220713/90/1554631/line-bank-raih-lebih-440000-pengguna |
↵18 | Bohang, F.K. (2016). “Di Indonesia, Jumlah Pengguna Line Pepet Facebook”. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2016/09/03/09490637/di.indonesia.jumlah.pengguna.line.pepet.facebook |
↵19 | Irawan, A.W., dkk. (2020). “Laporan Survei Internet APJII: 2019 – 2020 (Q2)”. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://www.infotek.id/licenses/survey_apjii_2020/Survei_APJII_2019-2020_Q2.pdf |
↵20 | Katadata Insight Center dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (2020). “Status Literasi Digital Indonesia 2020”. survei.literasidigital.id. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_Nasional_2020.pdf |
↵21 | Katadata Insight Center dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (2021). “Status Literasi Digital di Indonesia 2021”. survei.literasidigital.id. https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_diIndonesia%20_2021_190122.pdf |
↵22 | LINE Indonesia Official Blog (2019). “Upgrade LINE@ Jadi LINE Official Account Tambahkan Fitur dan Fungsi Baru”. official-blog-id.line.me. https://official-blog-id.line.me/archives/[email protected] |
↵23 | Damar, A.M. (2022). “Layanan Line OpenChat Tutup 20 Juli 2022 di Indonesia”. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4994811/layanan-line-openchat-tutup-20-juli-2022-di-indonesia |
↵24 | Sondakh, Merry G. A., dkk. (2017). “Pengaruh Berita Line Today Terhadap Perilaku Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi.” Acta Diurna, 6(1). |
↵25 | Triandra, D. dan Imran, A.I. (2017) “Pengaruh Terpaan Fitur LINE TODAY Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung”. e-Proceeding of Management, 4(2): 1970—1977. |
↵26 | Prihantoro, E. dan Ohorella N.R. (2021). “Line Today dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksin Covid 19 Pada Mahasiswa Sebelum Pembelajaran Luring”. PERSEPSI: Communication Journal. 4(2): 142—149. http://dx.doi.org/10.30596%2Fpersepsi.v4i2.6886 |
↵27 | LINE Indonesia (2022c) “Monthly Plan & Premium ID is no longer available for Indonesia region”. manager.line.biz. https://manager.line.biz/announce/20196353 |
↵28 | kumparanTECH (2022). “Pasar Kripto Lesu, NFT Anjlok Setahun Terakhir”. Kumparan.com. https://kumparan.com/kumparantech/pasar-kripto-lesu-nft-anjlok-setahun-terakhir-1yOIaD2F39D/full |
↵29 | Dewi, I.R. (2022). “Penjualan Anjlok Dalam, Masa Depan NFT Suram?” CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220705163944-37-353156/penjualan-anjlok-dalam-masa-depan-nft-suram |
↵30 | Riyanto, G.P. (2022). “Transaksi NFT di OpenSea Turun 99 Persen Pasca-Mei 2022”. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2022/08/31/08000087/transaksi-nft-di-opensea-turun-99-persen-pasca-mei-2022?page=all |
Discussion about this post