Economica
  • Hard News
  • Kajian
  • Penelitian
  • In-Depth
  • Sastra
  • Mild Report
  • Feature
No Result
View All Result
Economica
  • Hard News
  • Kajian
  • Penelitian
  • In-Depth
  • Sastra
  • Mild Report
  • Feature
No Result
View All Result
Economica
Home Media Partner

Hult Prize Kembali Hadir di Universitas Indonesia

by Badan Otonom Economica
10 Januari 2021
in Media Partner

Hult Prize at Universitas Indonesia merupakan salah satu dari 2000 OnCampus Program yang diselenggarakan oleh Hult Prize Foundation. Tahun 2020 merupakan tahun pertama acara ini diselenggarakan di Universitas Indonesia setelah vakum selama empat tahun. Disebut sebagai the nobel prize for students, Hult Prize merupakan gerakan membangun startup terbesar di dunia dengan tujuan menciptakan ide bisnis untuk menyelesaikan permasalahan sosial mendesak. Tim terbaik akan mendapatkan US$1.000.000 sebagai investasi awal startup mereka.

Asyifa Isvari, sebagai Campus Director Hult Prize at UI mengatakan, “Saya membawa Hult Prize kembali ke Universitas Indonesia (UI) sebab saya yakin mahasiswa UI memiliki ide dan kapabilitas untuk berkontribusi dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah sosial di dunia. Saya sangat senang karena kembalinya Hult Prize disambut dengan baik, terbukti pada jumlah pendaftar kompetisi ide bisnis kami yang mencapai 149 tim atau 532 mahasiswa dari berbagai fakultas.”

Tahun ini, Hult Prize mengangkat tema “Food for Good”. Selama beberapa dekade terakhir, industri pangan telah menciptakan permasalahan di sekitar kita, mulai dari menurunkan kesejahteraan, melemahkan lingkungan, hingga meningkatkan kemiskinan di dunia. Melalui tema ini, Hult Prize menantang mahasiswa di seluruh dunia untuk menjadikan makanan sebagai vehicle of change dengan membangun social impact enterprise yang akan menciptakan lapangan kerja, menstimulasi ekonomi, menata ulang rantai pasokan, dan memperbaiki kehidupan sepuluh juta orang hingga satu dekade berikutnya.

Hult Prize at Universitas Indonesia terdiri dari tiga tahap, yaitu preliminary round, semifinal round, dan final round yang seluruhnya diadakan secara daring akibat kondisi pandemi Covid-19. Tahun ini, Hult Prize at Universitas Indonesia dimenangkan oleh Paraswitch (winner), Motherlode (1st runner up), dan Tim Bil (2nd runner up) dengan mendapatkan total hadiah Rp 15.000.000 dan mewakili Universitas Indonesia sekaligus Indonesia untuk berkompetisi di tingkat regional yang diselenggarakan di kota-kota besar di dunia, seperti London, Toronto, Tokyo, dan Melbourne.

“Demi memilih tim yang terbaik untuk mewakili negara pada tahap selanjutnya di kancah internasional, kami mengupayakan segala hal yang terbaik dalam program kami. Puluhan juri dengan pengalaman luas kami undang untuk menentukan tim terbaik pada ketiga babak, tepatnya lima belas juri pada preliminary round dan empat belas juri pada semifinal round; pada babak terakhir yakni final round, enam tim yang tersisa dinilai oleh enam juri yang sangat berpengalaman, yakni Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan RI 2011 s.d. 2014 dan Pendiri Ancora Group), Veronica Colondam (Pendiri dan CEO YCAB Foundation), Puteri Komarudin (Anggota DPR RI), Ridzki Kramadibrata (Presiden Grab Indonesia), Nicko Widjaja (CEO BRI Ventures), dan Soegeng Wibowo (Partner di Bain & Company),” sambung Asyifa.

Selain kompetisi bisnis, Hult Prize at Universitas Indonesia juga memiliki rangkaian acara pendukung seperti webinar Fireside Chat dan Workshop yang terbuka untuk publik, webinar nasional sebagai ajang pengenalan Hult Prize di Indonesia, serta Finalist Training dan Mentoring Session 1-on-1 dengan Forbes 30 Under 30 untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan finalis.

BACA JUGA

Press Release: The 6th Social Festival FEB UI

Laporan Pertanggungjawaban The 20th ICMSS

Press Release: The 18th Economix International Seminar

Bincang Iklim: Apa Kabar Janji Emisi Indonesia?

“Rangkaian program kami ditutup dengan final round yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube dan ditonton oleh lebih dari 3.400 orang, dengan jumlah live-chat mencapai lima ribu pesan. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi datang tidak hanya dari para peserta, tetapi juga komunitas secara luas.” tutup Asyifa.

Dengan menyelenggarakan program OnCampus, diharapkan dapat meningkatkan exposure Universitas Indonesia sebagai salah satu universitas terbaik di dunia serta meningkatkan kesadaran sebagai universitas yang tidak hanya peduli terhadap permasalahan sosial di dunia, tetapi juga terlibat aktif dalam proses penyelesaiannya.

 

 

Tweet138

Discussion about this post

POPULER

  • Pancasila di antara Sosialisme dan Kapitalisme

    3484 shares
    Share 1394 Tweet 871
  • Indikasi Kecurangan Tim Futsal Putri FT UI dalam Olim UI 2019

    3025 shares
    Share 1210 Tweet 756
  • Program dan Kebijakan Kesehatan Mental, Tanggung Jawab Siapa?

    2387 shares
    Share 955 Tweet 597
  • UI Sepakat Menerapkan PJJ pada Semester Ganjil 2020

    2129 shares
    Share 856 Tweet 530
  • Covid-19: Risiko, Efek, dan Langkah Penanggulangan

    1915 shares
    Share 766 Tweet 479
  • Tentang
  • Kontak
  • Kebijakan Privasi

© 2019 Badan Otonom Economica

No Result
View All Result
  • Hard News
  • Kajian
  • Penelitian
  • In-Depth
  • Sastra
  • Mild Report
  • Feature
Situs ini menggunakan cookie. Dengan menggunakan situs ini Anda memberikan izin atas cookie yang digunakan.

Selengkapnya Saya Setuju
Privacy & Cookies Policy

Privacy Overview

This website uses cookies to improve your experience while you navigate through the website. Out of these cookies, the cookies that are categorized as necessary are stored on your browser as they are essential for the working of basic functionalities of the website. We also use third-party cookies that help us analyze and understand how you use this website. These cookies will be stored in your browser only with your consent. You also have the option to opt-out of these cookies. But opting out of some of these cookies may have an effect on your browsing experience.
Necessary
Always Enabled

Necessary cookies are absolutely essential for the website to function properly. This category only includes cookies that ensures basic functionalities and security features of the website. These cookies do not store any personal information.

Non-necessary

Any cookies that may not be particularly necessary for the website to function and is used specifically to collect user personal data via analytics, ads, other embedded contents are termed as non-necessary cookies. It is mandatory to procure user consent prior to running these cookies on your website.

SAVE & ACCEPT