About Us

About Us

Visi

Menjadi lembaga jurnalistik-keilmuan mahasiswa terdepan di Indonesia yang mengutamakan profesionalisme dan integritas.

Misi

  • Mengembangkan keilmuan di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan teknologi
  • Menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat
  • Menjadikan ECONOMICA sebagai wadah aspirasi mahasiswa
  • MenjadikanECONOMICA sebagai wadah pengembangan potensi dan kemampuan anggota
  • Menjalin hubungan baik dengan lembaga jurnalistik dan non-jurnalistik mahasiswa se-Indonesia

Sejarah

Badan Otonom Economica Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (BOE FE UI) merupakan salah satu lembaga otonom di lingkungan FE UI yang memiliki kompetensi inti di bidang jurnalistik keilmuan. Berdiri sejak 31 Mei 1978 di kampus lama, Salemba UI, bidang jurnalistik keilmuan menjadi keunggalan komparatif yang dimiliki BOE FE UI karena tak hanya berperan sebagai lembaga pers mahasiswa yang menjadi bentuk kompetensi di bidang jurnalistik, BOE FE UI juga melakukan kajian dan penelitian yang menjadi wujud nyata aktivitas BOE FE UI di bidang keilmuan.
Sejak tahun 1978 telah banyak produk yang dihasilkan dan kegiatan yang dilakukan oleh BOE FE UI. Produk yang dihasilkan BOE FE UI yaitu koran kampus Economica Papers, majalah Economica, Interupsi, Agenda UI, UI Guide, dan jurnal ilmiah Mini Economica. Sementara kegiatan yang dilakukan BOE FE UI yaitu Journalist Days, Documentary Days, Diskusi Publik, Diskusi Bedah Buku, Penelitian Daerah, dan Urban Research.
Struktur organisasi BOE FE UI terdiri dari Pengurus Inti (PI) yang beranggotakan Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum yang menjalankan fungsi pengurus harian organisasi. Disamping itu, setara dengan kedudukan PI, terdapat Internal Audit yang bertugas mengawasi keuangan organisasi. Pelaksanaan program kerja BOE FE UI ditangani oleh empat divisi dan tiga biro yang didasarkan pada kompetensi inti BOE FE UI. Empat divisi ini adalah Divisi Penelitian, Divisi Kajian, Divisi Penerbitan dan Divisi Proyek serta tiga biro yaitu Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia, Biro Hubungan Luar serta Biro Ecomedia.
Selama berdirinya, BOE FE UI telah melahirkan alumni-alumni yang ahli dan profesional dibidangnya. Antara lain Sri Mulyani (Direktur Pelaksana World Bank), M. Chatib Basri (Menteri Keuangan), Pahala Mansyuri (Managing Director of Finance & Strategy Bank Mandiri), Tere Liye (Novelis), Rudyan Kopot, Rhenald Kasali, Anton Hermanto Gunawan, Ninasapti Triaswati, Arianto A. Patunru, dan masih banyak lainnya yang berkecimpung di dunia pendidikan, ekonomi, pemerintahan, dan sosial budaya.