Bidding OPK 2019: Maknai Inspirasi, Aktualisasi Diri

0
111

Pada hari Kamis, 4 April 2019, telah dilaksanakan Bidding Orientasi Pengenalan Kampus (OPK) FEB UI 2019 dari pukul 17.00 WIB di selasar FEB UI. Bidding kali ini dilaksanakan secara terbuka dan dihadiri oleh para perwakilan BO/BSO FEB UI yang secara aktif memberikan pertanyaan kritis kepada para calon panitia OPK mengenai grand design OPK 2019 yang dibawakan oleh calon panitia. Proses bidding berlangsung selama enam sesi.

Acara diawali dengan ajang perkenalan aspek kepemimpinan, keahlian, interpersonal dan kompetensi calon pengurus inti, pada sesi pertama dan sesi kedua. Perkenalan tersebut dilakukan oleh Aji Putera Tanumihardja selaku calon Project Officer (PO), Muhammad Akmal Abdillah selaku calon Vice Project Officer (VPO) satu dan Dimas Pandu Dwi Fernanda selaku calon VPO dua.

Selanjutnya sesi ketiga dan keempat, membahas mengenai struktur kepanitiaan dan konsep pelaksanaan OPK secara non teknis oleh calon pengurus inti. OPK 2019 mengusung tema “Maknai Inspirasi, Aktualisasi Diri”. Tema tersebut terinspirasi dari teori Abraham Maslow mengenai piramida kebutuhan manusia. Mahasiswa baru FEB UI, diibaratkan datang dengan sejuta impian namun membutuhkan suatu ilham atau inspirasi untuk menjaga semangat dalam mencapai mimpi-mimpi tersebut. Dengan adanya inspirasi, mahasiswa diharapkan dapat mewujudkan setiap impiannya melalui aktualisasi diri secara nyata selama menjalani masa perkuliahan.

Memasuki puncak acara bidding, yakni sesi kelima, pembahasan grand design dilakukan semakin mendalam dilakukan oleh seluruh divisi yang ada yakni divisi acara, komisi disiplin, mentor, pantrakom, medis, dan HPD (humas, publikasi, dan dokumentasi). Saat divisi komisi disiplin mendapat giliran, calon Koordinator Divisi Komisi Disiplin, Intan Dwi Yasarah, memberikan pernyataan bahwa Komisi Disiplin tidak lagi berperan seperti public enemy bagi peserta OPK, namun sebagai fasilitator yang berperan memberikan evaluasi. “Karena saya melihat dua sisi yang  berbeda dalam mengakomodasi mahasiswa baru, yaitu dari segi mentor dan segi komisi disiplin. Karena kebutuhan mahasiswa baru semakin berubah, dibutuhkan figur yang juga mengakomodir,” ujar Intan.

Sesi terakhir diisi dengan pembahasan anggaran OPK 2019. Secara garis besar, terjadi penurunan nominal karena adanya pemotongan RAB (Rancangan Anggaran Biaya) oleh pihak dekanat. Acara ditutup dengan sesi janji dan pertanggung jawaban publik oleh calon pengurus inti OPK FEB UI 2019 pada hari Jumat, 5 April 2019 pukul 05.00 WIB.

 

Kontributor: Bellinda Azzahra dan Sheila Firda

Editor: Harnum Yulia Sari

 

LEAVE A REPLY