Sospolnet Terbuka: Kupas Tuntas Penyebab Kenaikan Biaya Pendidikan di Universitas Indonesia

0
195

Pada hari Jumat, 29 Maret 2019 pukul 19.30, BEM UI mengadakan Forum Sospolnet Terbuka bertajuk “BOP Naik: Quo Vadis Uang Mahasiswa” di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI. Acara ini diadakan terkait Surat Keputusan (SK) Rektor UI nomor 9 tahun 2019 tentang kenaikan BOP (Biaya Operasional Pendidikan) untuk program pendidikan S1 non reguler dan vokasi. Tujuan diadakannya Sospolnet Terbuka ini untuk menampung aspirasi dari seluruh IKM UI yang hadir dalam forum, memahami permasalahan keuangan UI dan masing-masing fakultas (status quo) yang dipaparkan oleh perwakilan masing-masing BEM fakultas, dan menentukan arah gerakan seluruh perwakilan IKM UI (dalam hal ini BEM Fakultas dan Organisasi Mahasiswa) dalam menanggapi keputusan rektor atas kenaikan biaya pendidikan ini.

Forum Sospolnet diawali dengan pemaparan mengenai status quo keuangan UI oleh Zaki Zamzami selaku Kepala Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM UI 2019. Zaki mengungkapkan bahwa wacana kenaikan BOP ini telah diketahui oleh pihak BEM UI sejak akhir tahun 2018 dari MWA UI Unsur Mahasiswa 2018, Vyan Tashwirul Afkar. Wacana kenaikan meliputi kenaikan biaya pendidikan mahasiswa program vokasi, paralel, dan internasional, dan sesuai dengan janji rektor biaya pendidikan S1 Reguler tidak akan dinaikkan.

“Pertumbuhan pendapatan UI tahun 2013-2017 menurun jika dibandingkan dengan peningkatan beban-beban dan biaya operasional,” ungkap Zaki berdasarkan informasi dari pansus tata kelola UI. Zaki menambahkan defisit keuangan UI juga diperkirakan akan terjadi pada tahun 2019 sebesar Rp1 Triliun karena peningkatan pengeluaran untuk membiayai operasional UI yang baru seperti Rumah Sakit UI, gedung baru Fasilkom, dan Pusgiwa. Audiensi pihak Adkesma BEM UI terkait kenaikan BOP yang sudah direncanakan sebelum Sospolnet ini juga terpaksa diundur hingga minggu depan karena belum menemukan waktu yang tepat dengan pihak Rektorat. Kenaikan BOP Non S1 Reguler ini juga diperkirakan akan meningkat setiap tahun untuk menyubsidi biaya pendidikan mahasiswa reguler yang selama sembilan tahun terakhir belum pernah mengalami kenaikan.

Salah satu hal yang menjadi fokus utama dalam diskusi ini adalah kenaikan BOP yang berdampak pada Mahasiswa Baru UI 2019. Pada awal Januari-Maret 2019, pihak UI mengadakan kegiatan UI Goes To School untuk mempromosikan kampus UI di daerah-daerah. Namun, saat kegiatan itu, SK Rektor mengenai kenaikan BOP ini belum dikeluarkan sehingga siswa yang saat itu tertarik untuk masuk UI memiliki ekspektasi biaya kuliah yang sama sebelum terbitnya SK Rektor. Pihak BEM UI sangat fokus pada hal ini karena adanya protes dari mahasiswa baru saat mendaftar ulang akibat naiknya biaya pendidikan yang tidak mereka ketahui sebelumnya.

Permasalahan kenaikan UKT menjadi sebuah dilema bagi masing-masing fakultas. Keuangan dan pendanaan UI yang disesuaikan dengan permintaan masing-masing pihak fakultas megharuskan pihak BEM Fakultas untuk melakukan audiensi terlebih dahulu guna mencari solusi dari masalah kenaikan BOP ini. Masih banyak BEM Fakultas yang belum menentukan keberpihakannya, apakah akan menolak atau menerima keputusan Rektor, karena belum melakukan audiensi dengan pihak fakultas.

Forum ini diakhiri dengan keputusan BEM UI untuk mengawal gerakan penolakan kenaikan BOP. BEM UI juga meminta transparansi keuangan yang sudah diolah oleh pihak MWA, selaku pihak yang memiliki akses keuangan dari pihak Rektorat. Terkait dengan penolakan kenaikan BOP ini,  BEM Fakultas belum sepenuhnya menyatakan sikap. Namun, BEM se-UI sepakat untuk menuntut adanya transparansi penggunaan BOP dan penambahan sumber pendapatan dari non-BOP dengan memaksimalkan ventura dan penggunaan aset-aset UI yang ada untuk mengatasi masalah keuangan di UI.

Kontributor : Azaria Hashina

Editor : Harnum Yulia Sari

LEAVE A REPLY