ICIED & ICIEBF: Telusur Ekonomi Syariah dan Pembangunan di Indonesia

0
183

Berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 18-19 September 2018, Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI bersama Bank Indonesia dan Republika menyelenggarakan The 3rd International Conference on Indonesian Economy and Development (ICIED) serta The 1st International Conference on Islamic Economics, Business and Finance (ICIEBF). Dilaksanakan di The Ritz-Carlton Hotel di Mega Kuningan, Jakarta, acara ini berisi studium generale atau kuliah umum oleh keynote speakers asal mancanegara. Selain itu, terdapat pula presentasi paper secara paralel yang dilakukan oleh sejumlah akademisi dari beragam universitas.

Dekan FEB UI, Prof. Ari Kuncoro membuka hari pertama dengan menyampaikan kata pengantar. Kuliah umum pada hari tersebut diberikan oleh Prof. M. Kabir Hassan dari University of New Orleans dengan tema Enhancing Islamic Economics, Business and Finance: Economy and Sustainable Development.

Hari kedua diawali oleh Kepala BAPPENAS, Prof. Bambang P. S. Brodjonegoro, Ph.D. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian kuliah umum oleh Prof. Erick Verhoef dari Vrije University of Amsterdam. Dengan tema Urban Development and Sustainable Growth: Enchancing City Resilience and the Role of Technology for the Future Productivity, acara ini berfokus pada pemecahan masalah mobilisasi yang sangat padat di daerah kota. Pada akhir acara, Prof. Aris Ananta dari FEB UI memberikan pemaparan mengenai bagaimana cara mengutilisasi mobilitas tinggi sehingga dapat mencapai pembangunan berkelanjutan.

Berbagai akademisi yang terdiri dari dosen, peneliti, dan mahasiswa juga memberikan presentasi paper mereka. Tema dari paper yang dipresentasikan mengangkat topik seputar ekonomi syariah hingga inovasi teknologi dalam perkembangan ekonomi. Di akhir acara, panitia memberikan penghargaan kepada Sigit Pramono, Ph.D. dari SEBI sebagai pemenang paper terbaik.

 

Kontributor: Priskila Teresa Nandita

Editor: Emily Sakina Azra dan Nur Fajriah

LEAVE A REPLY