Perbaharui Sistem, KRL Terapkan Tiket Kertas Sementara

0
243
Senin, 23 Juli 2018, KRL Commuter Line menerapkan pemakaian tiket kertas dengan harga Rp 3,000 pada semua stasiun dan untuk semua tujuan. Pengguna KRL diharuskan membeli tiket kertas di loket atau pada petugas di luar loket. Penerapan tiket kertas ini sebelumnya telah diberitakan kepada seluruh pengguna KRL Commuter Line melalui cuitan akun Twitter  @CommuterLine pada Minggu (22/7) malam. Dalam cuitan tersebut, disebutkan bahwa kebijakan ini diambil sebagai bentuk mitigasi pembaharuan sistem dan pemeliharaan e-ticketing. Dilansir dari detik.com, proses pembaharuan sistem sendiri telah berlangsung sejak Sabtu (21/7) lalu dan diperkirakan selesai pada pukul 11.00 WIB.
Akibat pembaruan sistem yang dilakukan, pada Senin pagi, pengguna KRL dari sejumlah stasiun mengalami antrean panjang karena pengguna yang biasa menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu bank tidak bisa langsung menggunakan kartu mereka. Namun, antre pembelian tiket kertas yang terjadi dianggap oleh sebagian pengguna KRL lebih cepat dibandingkan antre pembelian Tiket Harian Berjaminan (THB). Fajar, salah satu pengguna reguler KRL yang membeli tiket kertas dari Stasiun Bogor pada pukul 06.45, merasa bahwa pembelian tiket kertas berlangsung lebih cepat karena, meski jumlah pembeli tiket lebih banyak, uang dengan cepat diterima petugas dan tidak ada pemilihan tujuan yang lama. Fajar menambahkan bahwa ia tidak melihat pengguna KRL lain yang marah atau menuntut tiket gratis kepada pihak stasiun, seperti yang ramai dibicarakan di Twitter. Sementara itu, di Stasiun Jurangmangu, Bapak Sapto, petugas pemeriksa tiket masuk, mengabarkan bahwa di Stasiun Jurangmangu sendiri antrean yang terjadi dapat dikendalikan dengan pengguna KRL yang “mengalir seperti air”.
Seperti perkiraan pihak KRL Commuter Line, pada pukul 11.00, sistem e-ticketing sudah kembali normal. Di stasiun Jurangmangu, pada pukul 11.30, KMT dan kartu bank sudah dapat digunakan kembali dan pengguna KRL juga bisa kembali menggunakan THB. Sebagian pengguna KRL yang tiba dengan tiket kertas pun tidak mengalami kendala saat keluar dari stasiun. Sejumlah petugas terlihat siaga menjaga gerbang keluar stasiun untuk membantu pengguna KRL.

 

 

 

 

Kontributor : Octaviani Charra
Editor : Emily Sakina, Nur Fajriah

LEAVE A REPLY