UI Fashion Week 2018 : Beyond Stereotypes

0
81

UI Fashion Week (UIFW) kembali hadir tahun ini dengan tema “Beyond Stereotypes”. Acara ini digelar selama empat hari pada tanggal 10–13 Mei 2018 di Kuningan City Multifunction Hall. Rangkaian acara UIFW terdiri dari Young Potential Fashion Designer Competition (YPFDC), pop-up bazaar, workshop, talk show, dan fashion show sebagai acara utama.

UIFW kali ini mengangkat tema yang mempromosikan kebebasan bagi setiap orang untuk berkreasi dan berekspresi. Tema tersebut berangkat dari stigma yang selama ini banyak ditemui di dunia fashion, yaitu adanya batasan-batasan yang memengaruhi cara pelaku di industri ini dalam mengekspresikan diri. Padahal, dunia busana luas untuk ditelusuri dan sebaiknya tidak dilabeli oleh batasan apapun. Maka dari itu, tema ini menggagas ide bahwa dunia busana tidak seharusnya dibatasi oleh perbedaan warna kulit, ras, bentuk, ataupun ukuran tubuh. Justru perbedaan itulah yang akan menambah keragaman dan inovasi dalam berkreasi.

Acara ini disemarakkan oleh berbagai koleksi dari 31 perancang dan merek, di antaranya Danjyo Hiyoji, The F Thing, Commonwear, Gane Gani, dan Studiokaen. Koleksi-koleksi yang ada menyajikan berbagai tampilan yang bervariasi, mulai dari gaya urban, pakaian muslim, bohemian, gaun malam, dan tampilan-tampilan lain yang edgy.

Selain peragaan busana, UIFW juga mengadakan kompetisi desain bagi perancang busana berusia muda. Sepuluh perancang muda yang terpilih telah mempresentasikan desain mereka di hadapan para juri pada Kamis, 10 Mei 2018. Sedangkan pemenang dari kompetisi ini akan diumumkan di puncak acara pada hari Minggu, 13 Mei 2018.

Kegiatan lain yang turut meramaikan rangkaian UIFW adalah penampilan dari guest star, seperti Aldrian Risjad, Olivia dan Clarissa. Ada juga pop-up bazaar, yakni area dijualnya berbagai jenis busana dari merek-merek ternama seperti Ganegani&co, Berrybenka, Adia Lavani, dan Aniaki.

Diselenggarakan pula workshop yang diisi oleh pihak dari Esmod Jakarta Course Center. Pada workshop tersebut, peserta diajarkan teknik dan cara yang tepat dalam membuat kolase busana. Selain itu, rangkaian acara ini turut dilengkapi oleh talk show yang mengangkat tema yang sama dengan acara UIFW. dan beberapa guest star perfromace yakni Aldrian Risjad, Olivia, dan Clarissa.

 

Kontributor:Priskila Teresa Nandita

Editor:Emily Sakina Azra, Nur Fajriah

LEAVE A REPLY