Minang Culture Festival : Wadah Mahasiswa Minang Cinta Budaya

0
157

Minggu 22 April 2018, Ikatan Mahasiswa Minang (IMAMI-UI) berhasil menghelat acara puncak Minang Culture Festival 2018. Acara tersebut bertempat di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Minang Culture Festival 2018 merupakan festival budaya Minang yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka upaya pelestarian budaya dan mengenalkan budaya Minangkabau kepada seluruh perantau Minang, mahasiswa, dan masyarakat luas terutama masyarakat Jabodetabek. acara utama MCF kai ini pun didahului oleh beberapa pre-event yang menampilkan sedikit gambaran akan penampilan puncak dalam penuansaan dan menambah rasa penasaran penonton akan acara tersebut.

Puncak acara MCF diawali dengan penampilan Ratu Sikumbang yang membawakan lagu khas Minangkabau. Kemudian pagelaran dimulai dengan tabuhan perkusi dan musik khas Minang. Dalam pagelaran tersebut juga terdapat permainan “Randai” yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi IMAMI. Randai merupakan tarian khas Minang yang dilakukan melingkar dan berisi suatu pesan sosial. Teater yang berjudul “Gala nan Balabuah” atau proses pengangkatan seorang datuk di Minang menjadi sajian utama pada malam tersbut.

“Kita mengangkat tema yang sangat menjadi perbincangan saat ini, pemilihan atas tema tersbut yang membedakan dengan MCF sebelum-sebelumnya” ujar Insan Kamil selaku ketua IMAMI-UI. Tema yang diangkat oleh MCF ini adalah tentang pengangkatan seorang Datuak dalam budaya Minang, bagaimana realita dan dinamika pemilihan ketua adat pada masyarakat Minang. MCF kali ini lebih banyak mengundang tamu dari berbagai daerah. Selain itu,  acara ini mengajak seluruh kalangan yang tidak hanya mahasiswa, tetapi juga seluruh warga Jabodetabek yang antusias akan budaya Minang. Menurut Insan, MCF juga menjadi wadah silaturahmi khususnya mahasiswa Minang yang ada di Jakarta untuk lebih erat.

MCF tahun ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Fasli Jalal selaku mantan wakil Menteri Pendidikan dan Dr. Mafri Amir selaku asisten staff Khusus Wakil Presiden. Selain itu, juga ada Bapak Erwin Nurdin, A.G. Sudibyo, dan masih banyak lagi.

“Kita harus support acara yang diadakan oleh mahasiswa UI karena disamping sebagai mahasiswa, mereka turut melestarikan budaya bangsa”, ucap Erwin Nurdin selaku Direktur Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni UI.

“Acara Minang Culture Festival 2018 adalah salah satu bentuk kepedulian mahasiswa Minang Universitas Indonesia terhadapt budaya bangsa karena mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu bisa melaksanakan acara sebesar MCF ini, kita harusnya bisa termotivasi dari Ikatan Mahasiswa MInang ini karena telah mengadakan acara sesukses MCF”, tutur Prof. Dr. Fasli Jalal selaku mantan Wakil Menteri Pendidikan RI.

Penonton yang hadir malam itu berasal dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga orang tua yang membawa keluarganya. “Penampilannya bagus. Kagum rasanya zaman sekarang masih ada anak muda yang peduli akan budaya” tutur Aryo, salah satu pengunjung MCF yang berasal dari Bekasi.

Kontributor: Jibril Guntoro, Liana Febrianti Ismail

Editor: Emily Sakina Azra, Pieter Hans

LEAVE A REPLY