Spekun Generasi Baru : Inovasi NB-IoT Bike Sharing

0
664

Universitas Indonesia bekerjasama dengan Tekomsel melakukan launching NB-IoT (Narrowband Internet of Things)  Bike Sharing di Perpustakaan Pusat UI Rabu, 14 Maret 2018. Sepeda Kuning (Spekun) generasi baru ini akan menggunakan teknologi NB-IoT generasi 4+ yang disematkan di bagian belakang Spekun dan dock Spekun. Sistem ini merupakan hasil kerjasama antara Telkomsel dengan Banopolis dan Huawei.

Pengguna sistem NB-IoT dikhususkan untuk mahasiswa UI dan harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Spekun yang ada di Playstore. Untuk mengaktifkan aplikasi, pengguna juga perlu log in dahulu ke SSO UI. Aplikasi ini akan menampilkan peta yang menunjukkan posisi Spekun terdekat yang tersedia. Pengguna akan diminta untuk scan QR Code yang terdapat di bagian depan Spekun yang otomatis membuka kunci antara spekun dan dock spekun. Terdapat indikator berupa lampu pada dock Spekun yang terdiri dari warna merah dan hijau. Lampu berwarna merah menandakan Spekun dalam posisi terkunci, sedangkan lampu berwarna hijau menandakan Spekun dalam kondisi terbuka dan siap dipakai. Sayangnya, aplikasi ini belum dapat digunakan untuk mahasiswa dan belum tersedia di app store.

“Saat ini kita hanya uji coba dulu, masih belum beroperasi sebenarnya. InsyaAllah abis lebaran Spekun ini udah mulai beroperasi, ” Ujar Hisyam selaku hardware engineer Spekun. Tahap pertama, sebanyak 20 Spekun generasi baru ditempatkan di tiga shelter, yakni Stasiun Pondok Cina, Stasiun UI, dan Perpusat UI. Nantinya, pihak Telkomsel akan menambah 200 Spekun baru akan di tahap selanjutnya.

Spekun generasi baru memiliki bentuk yang dapat mengakomodir rentang usia yang luas dan didesain unisex agar dapat digunakan baik laki-laki maupun perempuan. Spekun tetap akan berwarna kuning dan tidak berganti warna untuk melambangkan citra UI sendiri. “Pihak rektorat minta agar warnanya tetap kuning, bukan merah atau warna lain,” Tutur CEO Banopolis, Anugerah Nurrewa.

Spekun generasi baru ini dinilai lebih praktis dan canggih. Spekun generasi baru ini juga diintegrasikan untuk dapat digunakan 24 jam, tetapi tidak disarankan digunakan pada malam hari karena belum dilengkapi dengan lampu. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

 

Kontributor: Rani Widyan

Editor : Aji Putera Tanumihardja & Pieter Hans P. Siregar

LEAVE A REPLY