Musyawarah Mahasiswa FEB UI 2018: Akhir yang Lalu, Awal yang Baru

0
377

 

Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FEB UI  menggelar Musyawarah Mahasiswa (Musma)  di aula Student Center UI pada selasa, 13 Februari 2018. Musma 2018 ini mengawali perjalanan kelembagaan di FEB UI.  Tepat pukul 17.03 WIB acara dibuka dengan sambutan Bapak Pribadi Setiyanto, S.E., M.A  selaku Kepala Pusat Kegiatan Kemahasiswaan FEB UI.  Agenda musma dibuat secara konsekutif yakni Pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Badan Otonom, pembacaan laporan hasil audit BAK, dan Pelantikkan Anggota BPM, Ketua dan Wakil Ketua BEM , dan Anggota BAK.

Acara inti diawali dengan pemaparan LPJ Badan Otonom yang berlangsung rapi. Terdapat beberapa hal yang perlu digarisbawahi terkait dengan perubahan program kerja beberapa Badan Otonom menyambut masa kepengurusan tahun ini. Program kerja career festival milik PBKM akan dihapus untuk seterusnya dengan alasan esensi dari kegiatan tersebut tidak terlalu dirasakan oleh anggota organisasi tersebut. Lebih lanjut, Badan Audit Keuangan  FEB UI membacakan Laporan Audit Keuangan BEM dan MSS. Dibanding tahun lalu, laporan hasil audit BEM mengalami perubahan positif. Namun untuk laporan keuangan MSS, BAK menyampaikan opini disclaimer karena menurut BAK pencatatan laporan keuangan MSS belum memenuhi standar mereka.

“…Kami tidak dapat memperoleh bukti transaksi atas program-program kerja yaitu kepanitiaan ICMSS dan MIST 2016 di bawah MSS FEB UI sehingga kami tidak dapat menguji asersi yang dikeluarkan oleh MSS FEB UI. Kami juga menemukan tidak adanya bukti atas transaksi pengeluaran internal MSS sebesar Rp 32.934.484….”

“…Oleh karena adanya hal-hal yang signifikan seperti dijelaskan sebelumnya, kami tidak memperoleh bukti audit yang cukup dan sesuai sebagai dasar untuk menetapkan opini audit. Dengan demikian, kami tidak menyatakan pendapat atas posisi keuangan konsolidasian MSS FEB UI..” terang BAK lebih lanjut dalam laporan Auditor BAK FEB UI atas laporan keuangan MSS.

            Penghujung acara ditutup dengan pelantikan keempat anggota BPM yaitu Fitra Firma (akuntansi), M. Alif (Manajemen), Wildan Ghozali (Ilmu Ekonomi), dan Dian Laksana (IEIBI). Kemudian dilanjutkan dengan pelantikkan ketua dan wakil ketua BEM FEB UI Syekhan – Wildhan, dan ditutup dengan pelantikkan tiga anggota BAK yaitu Gilbert Julio, Ilham Firdaus dan Joshua Kritiawan.

Kontributor: Salsabila Raki

Editor: Pieter Hans P. Siregar

LEAVE A REPLY