Closing 3rd UIIBF : Acara Kreatif Meningkatkan Minat Literasi

0
322
Suasana hari terakhir UI Islamic Book Fair, di Balairung (30/12). (Jibril Guntoro/economica.id)

Sabtu, 30 Desember 2017 rangkaian acara 3rd UI Islamic Book Fair (UIIBF)  resmi berakhir. Rangkaian acara tersebut ditutup dengan grand closing yang diadakan di Balairung, Universitas Indonesia Kampus Depok.

Grand closing dirangkai dengan agenda seminar dan bedah buku. Acara dimulai pukul 8.00 WIB dengan agenda seminar. Selanjutnya talkshow bedah buku disampaikan oleh Ustadz Hilman Fauzi dan Habiburahman El-shirazy (Ayat-ayat Cinta). Acara juga dimeriahkan dengan penampilan dari juara lomba puisi dan vocal group.

Rizky (Gizi,2015) selaku PO UIIBF mengungkapkan bahwa acara kali ini lebih meriah dibandingkan acara sebelumnya. “Alhamdulillah acara ini lebih ramai dibanding yang sebelumnya, pada hari pertama dan kedua kita sudah mencapai 5000 dan belum diakumulasi dengan hari ketiga dan grand closing. Kita juga menghadirkan keynote speaker yang mampu menarik pengunjung” ujar Rizky. Dengan pengemasan yang baru serta tema yang diusung, acara UIIBF lebih menarik pengunjung dibanding dengan tahun lalu.

UIIBF merupakan salah satu acara untuk acara untuk meningkatkan budaya literasi dikalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus UI. Agar mampu menyasar kalangan anak, remaja, dan dewasa UIIBF menghadirkan lomba kreatif dan penerbit-penerbit yang lebih beragam. UIIBF menghadirkan penerbit Mizan, Republika, Divapress, ISEDEF, dll. Selain itu diadakan lomba mewarnai dan kaligrafi anak, vocal group dan puisi untuk remaja.

Pengunjung acara UIIBF tidak hanya datang dari sekitar kampus UI dan warga kota Depok saja. Arie (21) salah satu pengunjung yang berasal dari Bogor mengaku senang dengan diadakannya acara UIIBF ini “Saya merasa senang dengan adanya acara ini, bisa beli buku murah terus ada talkshownya tadi, bukunya banyak pilihannya”. Pengunjung yang hadir didominasi oleh kalangan mahasiswa dan remaja, namun tidak sedikit juga yang datang dengan keluarga dan membawa anak-anak. Pengunjung tidak hanya dapat membeli buku namun juga dapat wisata kuliner serta membeli pakaian dan aksesoris di bazar murah.

Acara grand closing ditutup dengan konser peduli Palestina dengan menghadirkan musisi rap The Jenggot serta vocal group Izzatul Islam.

 

Kontributor : Jibril Guntoro

LEAVE A REPLY