Wawancara Eksklusif! Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB UI 2018, Anna-Afif

0
1270
Afif Rifna dalam sesi wawancara dengan tim Economica (Harjito Indrajati/economica.id)

Jumat, 24 November 2017, sekitar pukul 8.00 WIB, surat Panggilan untuk pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB UI 2018 diterbitkan oleh Badan Pengawas Pemira IKM FEB UI. Waktu pemanggilan yang seharusnya dimulai pada pukul 14.00 WIB harus diundur hingga pukul 16.30 WIB karena M. Afif Rifna selaku perwakilan dari Anna Melinda berhalangan hadir pada waktu yang ditentukan tersebut.

Pemanggilan oleh Badan Pengawas PEMIRA FEB UI

Berdasarkan keterangan dari Afif, Surat Panggilan pada hari Jumat adalah Surat Panggilan ke-3 yang dikeluarkan Badan Pengawas Pemira IKM FEB UI 2017. Sebelumnya, Surat Panggilan ke-2 dilayangkan pada hari Kamis 23 November 2017 pada pukul 12.47 WIB, sedangkan waktu dilayangkannya Surat Panggilan pertama tidak diketahui secara pasti oleh Afif. Pemanggilan tersebut bedasarkan penuturan Afif bertujuan untuk mengklarifikasi adanya ketidaksesuaian data antara prasyarat yang dikumpulkan oleh pasangan Anna-Afif dengan bukti yang dilaporkan oleh pelapor yang namanya tidak ia ketahui.

Sedangkan agenda pada Surat Panggilan kedua adalah penjelasan dugaan pelanggaran yang dilakukan pasangan Anna-Afif serta pemberian keterangan dan bukti lebih lanjut oleh pasangan Anna-Afif. Namun, Anna tidak dapat menghadiri pemanggilan tersebut karena harus pulang menemui kedua orangtuanya dan terpaksa diwakilkan oleh Afif. Pasca pemanggilan kedua tersebut, Panitia Pengawas Pemira IKM FEB UI menemukan bahwa bukti dan keterangan yang disampaikan oleh Afif masih kurang dan perlu diklarifikasi ulang maka dilayangkanlah Surat Panggilan ke-3 pada hari Jumat tersebut.

Hasil dari pemanggilan tersebut adalah ditemukannya ketidaksesuaian data yang dicantumkan pada saat pengajuan berkas pasangan calon Anna-Afif. Afif enggan mengungkapkan lebih detail terkait letak ketidaksesuaian dari data yang ia kumpulkan. Yang jelas, tidak ada sanksi yang diterima oleh pasangan Anna-Afif karena tidak ada peraturan rinci yang mengatur hal tersebut.

Pihak Anna-Afif menjelaskan bahwa mereka tidak akan mengeluarkan press release terkait hal tersebut. Mereka tetap akan menghargai proses dan mekanisme pemira yang sedang berjalan.

Pengunduran Diri dari PEMIRA FEB UI

Terkait kelanjutan kiprah mereka di PEMIRA FEB UI sebagai calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB UI, pasangan Anna-Afif menyatakan akan mengundurkan diri dari Pemira FEB UI, dengan alasan tidak sanggup melanjutkan mekanisme PEMIRA kedepannya. Afif menuturkan bahwa Surat Pengunduran DIri mereka telah diterima oleh Panitia Pemira IKM  FEB UI pada Rabu malam (22/11).

“Yang pertama, kami memohon maaf apabila ada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan data yang kami laporkan. Kami memohon maaf kepada seluruh IKM FEB UI atas mekanisme pada hari ini. Terkhusus CM (Campaign Manager) dan CT (Campaign Team) kami, dan seluruh mahasiswa IKM FEB UI yang telah memberikan dukungan kepada kami pada hari ini. Kami memohon dukungan moralnya juga kepada saudara Anna. Harapan kedepannya, semoga Pemira tetap bisa berjalan dengan lancar terlepas dari keputusan yang kami ambil pada malam hari ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada Badan Pengawas dan Panitia Pemira yang telah melaksanakan tugasnya.” Ujar Afif.

 

Kontributor : Harjito Indrajati

Editor : Respati Suta

 

LEAVE A REPLY