[BREAKING NEWS] Pasangan Calon Zaadit-Idman Lolos Verifikasi Bersyarat

0
767

Pasca dinyatakan tidak lolos verifikasi tahap II Pemira UI karena tidak memenuhi persyaratan administratif, pasangan calon Zaadit dan tim mengajukan banding ke Panitia Pemira UI pada hari Minggu pukul 9.30-12.00 WIB di Ruang DPM UI di Pusat Kegiatan Mahasiswa UI.

Tim Economica segera mewawancarai pasangan calon Zaadit-Idman segera setelah sidang banding selesai. “Resminya silakan lewat Surat Keputusan, tapi InsyaAllah kita lolos bersyarat”, ujar Zaadit setelah keluar dari ruang DPM UI.

Sebelumnya pasangan calon Zaadit-Idman dinyatakan tidak lolos verifikasi karena belum terpenuhinya jumlah dukungan di beberapa fakultas serta berkas administratif, seperti kurangnya jumlah kata dalam esai bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Dalam verifikasi data lembar dukungan, terdapat beberapa data yang tidak tervalidasi akibat adanya perbedaan antara nama dengan NPM. Namun, setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata ada kesalahan dalam proses validasi yang dilakukan oleh panitia sehingga menggugurkan data yang seharusnya valid.

Zaadit juga mengakui adanya kerancuan dalam Daftar Pemilih Tetap yang menjadi acuan jumlah minimal dukungan dari tiap fakultas. Pihak Pemira UI sebelumnya tidak menjelaskan secara detail mengenai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tiap fakultas dan hanya meminta pasangan calon terkait untuk menghitungnya sendiri. Zaadit akhirnya menggunakan data dari IKM FH UI sebagai acuan DPT-nya. Oleh karenanya, mengacu pada data IKM UI, data lembar dukungan yang diperoleh Zaadit kurang dari yang disyaratkan.

Kerancuan dalam batas minimum jumlah DPT ini dijadikan salah satu materi banding yang diajukan Zaadit-Idman. Akan tetapi, pihak panitia bersikeras untuk berpegang pada data IKM UI yang memiliki perbedaan dari data IKM FH UI.

Zaadit mengatakan bahwa pasangannya dinyatakan lolos dengan syarat mengumpulkan persyaratan umum dan administrasi diantaranya esai dan berkas-berkas lain paling lambat pada hari Senin, 6 November 2017 pukul 11.00. Zaadit juga mengaku proses banding berjalan dengan lancar.

Hingga berita ini dibuat, tim Economica masih menunggu keterangan resmi dari pihak Pemira UI.

 

 

LEAVE A REPLY