Evaluasi Rektor : Aksi 2 Mei yang Belum Usai

0
392
Mahasiswa UI berkumpul di depan gedung UI Art Centre.

Sejumlah mahasiswa UI memadati halaman depan gedung UI Art and Culture Centre pada Rabu (10/5) siang. Aksi ini merupakan tindak lanjut dan follow up dari Parade UI pada Selasa (2/5) pekan lalu yang menyuarakan lima tuntutan atas SK Rektor UI. Sejak pukul 13.00, mahasiswa UI sudah berkumpul di depan Fakultas Hukum sebelum mobilisasi ke depan gedung UI Art Centre.

Dalam aksi ini mahasiswa membawa 4 poin tuntutan yaitu :

1. Terapkan mekanisme UKT untuk program Vokasi

2. Pelibatan unsur mahasiswa dalam setiap perumusan kebijakan terkait biaya kuliah

3. Terapkan peringatan awal untuk system pengosongan IRS

4. Cabut BOPP dan tiadakan berkas untuk BOPB kelas 4

Mahasiswa yang terdiri dari perwakilan BEM UI, BEM FISIP, BEM FIB, BEM Vokasi, BEM FEB, BEM FH, BEM Fasilkom, BEM FIA, BEM FIK, BEM FK, BEM FKG, BK MWA UI UM, FMN UI, Semar UI, PMII UI dan PEKA UI ini secara bergantian menyuarakan berbagai keluhan dan permintaan agar Rektor menemui mereka di luar gedung. Namun aksi ini masih belum membuahkan hasil yang diharapkan oleh aliansi mahasiswa yakni sesi tatap muka langsung bersama Rektor.

Ditemui saat aksi berlangsung, Fuadil Ulum selaku Kepala Departemen Kajian dan Aksi Strategis FISIP UI sekaligus juru bicara aksi ini menyatakan bahwa aksi ini didasari pengumuman dari BK MWA. Pengumuman tersebut membahas agenda Evaluasi Terbuka Rektor yang akan berlangsung di gedung UI Art Centre pada Rabu (10/5) siang. Namun setelah dikonfirmasi ulang oleh BK MWA Unsur Mahasiswa, ternyata kegiatan ini hanya untuk disaksikan MWA UI dan senat akademik. “Kami tidak ingin ada pikiran dari rektor bahwa aksi 2 Mei kemarin hanya aksi seremonial saja, hanya untuk meluapkan emosi. Kami juga sebenarnya ingin memanfaatkan agenda evaluasi rektor ini untuk sesi forum dengan kita,”ujarnya. Adapun aksi ini diagendakan akan selesai menjelang maghrib.

Baca juga: Alasan Rektorat Menolak Lima Tuntutan Mahasiswa UI dan Alasan Rektorat Menolak Lima Tuntutan Mahasiswa UI

Kontributor: Timuthy Ey Maharani

Editor: Silvia Adinda Tarigan

LEAVE A REPLY