Kembalinya BKUI

0
996
Fit and Proper Test Bedah Kampus Universitas Indonesia 17

Aula Setyaningrum mulai dipenuhi oleh perwakilan mahasiswa-mahasiswi UI (28/4/2017) pada pukul 22.00 WIB. Setelah absen selama satu tahun, kini BEM UI kembali melaksanakan fit and proper test panitia Bedah Kampus Universitas Indonesia (BKUI) yang ke-17. Terdapat dua tim yang berpartisipasi di dalam kegiatan ini yaitu tim yang diketuai oleh Aisyah Lintang Kirana yang mengusung tema ‘menentukan pilihan’. Tim kedua yang diketuai oleh Andikaputra Brahma W. yang mengusung tema ‘penjelajah’.

Lintang melihat banyaknya siswa SMA yang masih merasa galau dengan tujuan mereka setelah lulus dari SMA. Permasalahan tersebut menjadi tema dasar, yaitu agar siswa-siswi dapat menentukan pilihan mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, terutama di Universitas Indonesia. Sedangkan Andika mengumpamakan planet-planet sebagai fakultas yang dapat dijelajahi oleh calon mahasiswa. Konsep tersebut Ia kaitkan terhadap kehidupan siswa-siswi SMA bahwa mereka perlu mempersiapkan bekal untuk mewujudkan impian.

Proposal 2 Calon Project Officer Bedah Kampus Universitas Indonesia 17

Tim Lintang membagi menjadi tiga rangkaian acara yaitu rebranding BKUI, pra-acara untuk audisi pengisi acara dan penjualan tiket, serta acara utama yaitu bedah kampus, bedah jurusan, dan kunjungan fakultas. Sedangkan tim Andika yang juga memiliki tiga rangkaian acara, yaitu publikasi umum, On Air, dan acara utama. Menurut Andika, kunci keberhasilan dari publikasi adalah pemanfaatan media sosial yang optimal. Di sisi lain, Lintang juga mengungkapkan bahwa aspek visual, tema kekinian, dan pembawaan dengan kedekatan antara narasumber dengan siswa memegang peranan penting dalam memberikan pengalaman yang berkesan. Tentu saja hal tersebut dapat tercapai jika terjalin kerja sama yang baik antara panitia dan pihak eksternal.

Rencana kegiatan talk show yang diajukan oleh Tim Lintang diibaratkan sebagai perbekalan bagi mahasiswa untuk menentukan pilihan ‘pelayaran’. Pada perbekalan pelayaran, konsep acara yang diusung seperti monolog sehingga pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah diserap oleh pendengar. Monolog tersebut menceritakan tentang pengalaman menarik narasumber yang juga berkaitan dengan kehidupan selama kuliah. Live report juga akan diimplementasikan oleh Tim Lintang untuk mencegah terjadinya penumpukan pengunjung di fakultas favorit. Agar pengunjung dapat mengetahui informasi lebih dalam mengenai UI, panitia juga memberikan bedah jurusan dan booklet yang telah disediakan bagi para pengunjung.

Kemudian dari Tim Andika, inovasi On Air menjadi fokus utama dengan tujuan untuk mengenalkan UI kepada masyarakat luas khususnya siswa-siswa SMA. Terdapat dua cabang kegiatan dari On Air yaitu talk show on air dan Booklet for Indonesia. Kedua konsep ini diuji melalui sesi tanya jawab oleh panelis, perwakilan fakultas, dan publik.

 

Kontributor: Annisa Arlishani

Editor: Silvia Adinda Tarigan

LEAVE A REPLY