Mengenal Dunia Kampus dengan Moonzher University Week

0
502
Moonzher University Week di SMAN 2 Tangerang Selatan (Andari Cita C. / economica.id)
Moonzher University Week di SMAN 2 Tangerang Selatan (Andari Cita C. / economica.id)

Kontributor: Andari Cita Candrika
Editor: Muhammad Faathir

Moonzher University Week (MUW) adalah kegiatan pengenalan dunia kampus kepada siswa-siswi SMA di SMAN 2 Tangerang Selatan. Kegiatan ini terdiri dari class to class, Try Out SBMPTN, dan Pameran Jurusan. Pameran jurusan menjadi puncak seluruh acara, dilaksanakan di Sport Hall SMAN 2 Tangerang Selatan selama 2 hari pada 23-24 Januari 2017. Terdapat pameran empat belas jurusan dan delapan paguyuban. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya acara ini tidak memamerkan jurusan sesuai dengan fakultasnya, tetapi tahun ini jurusan dikelompokkan berdasarkan konstentrasi ilmu yang dimiliki.

Illumine, paguyuban alumni SMAN 2 Tangerang Selatan yang melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia, adalah yang memegang tanggung jawab pelaksanaan MUW pada tahun ini. Andi Yeska, Ketua Umum MUW 2017, mengatakan bahwa dia ingin membuat acara yang meningkatkan pengetahuan siswa kelas X dan XI terhadap dunia perkuliahan. Tahun ini acara MUW tidak hanya diperuntuan untuk siswa kelas XII seperti pada tahun-tahun sebelumnya tetapi siswa-siswi kelas X dan XI juga diberikan waktu untuk mengikuti pameran.

Siswa-siswi SMAN 2 Tangerang Selatan terlihat antusias mengikuti pameran ini. Aurora, siswi kelas XI MIPA 11 mengatakan bahwa, “Acara kaya gini tuh berguna banget, apalagi buat kita yang masih labil milih jurusan apa. Soalnya ada stand paguyuban yang bisa ngasih tau kita tentang kehidupan kuliah terus ada banyak stand jurusan yang bisa ngasih tau lebih spesifik tentang jurusan itu. Jadinya buat kita yang masih labih ada banyak pilihan dan kita bisa lebih yakin mau ke mana. MUW tahun ini seru banget soalnya rame  dan lebih tertata. Cuman sayangnya tahun ini yang dari paguyuban luar Jawa sedikit banget yang dateng. Padahal mau tau gimana sih kehidupan kuliah di luar Jawa.”

Stand paguyuban adalah tempat khusus yang diberikan kepada universitas tertentu atau daerah tertentu untuk memperkenalkan diri. Karena stand paguyuban bersifat lebih umum maka siswa-siswi bisa menanyakan kehidupan di kuliah dan menanyakan jenis-jenis jurusan, sebelum menanyakan lebih spesifik ke stand jurusan. Di stand paguyuban siswa-siswi lebih sering menanyakan tentang lifestyle kampus tersebut hingga tips and trick menghadapi dunia perkuliahan.

LEAVE A REPLY