Melek Literasi Keuangan Keluarga Kelurahan Pasir Putih

0
404
Warga Kelurahan Pasir Putih yang tenga mengiuti sosialisasi literasi keuangan (M.A. Rohman / economica.id)
Warga Kelurahan Pasir Putih sedang mengikuti sosialisasi literasi keuangan (M.A. Rohman / economica.id)

10 Desember 2016, FEB UI kembali memberikan kontribusinya terhadap masyarakat melalui salah satu kepanitiannya yang bergerak di bidang pengabdian masyarakat, yaitu Devout FEB UI. Bekerja sama dengan Cerdik Mapan, pada tahun ini Devout FEB UI berkeinginan untuk memberikan pendidikan tentang literasi keuangan guna memberdayakan potensi yang ada dimasyarakat.

Kegiatan berlangsung di halaman rumah salah satu tokoh masyarakat di RW 07 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Kelurahan tersebut merupakan kelurahan terpilih sebagai tempat pengabdian secara berkelanjutan selama lima tahun. Sudah memasuki tahun kedua, kegiatan Devout FEB UI telah dilaksanakan. Pada tahun ini, terdapat 20 orang warga kelurahan yang mengikuti kegiatan dengan penuh antusias. Acara dimulai dari pukul 10.00 hingga jam 13.00.

Ibu Tuti (41 thn), salah satu peserta kegiatan, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka untuk mengelola keuangan keluarga, seperti menabung untuk keseharian atau untuk naik haji. Warga RT 06 ini juga merasa puas mengikuti semua rangkaian acara. Ia juga berkeinginan mengkuti kegiatan selanjutnya, jika Devout mengadakan sosialisasi lagi.

Menurut Irsan Maududy, ketua BEM FEB UI 2016, acara sosialisasi literasi keuangan ini sangat penting. Materi literasi keuangan tidak sekedar membicarakan masalah saham, usaha, dan bisnis, melainkan membicarakan tentang cara mengelola keuangan keluarga.

Dengan adanya kerjasama antara Devout dan Cerdik Mapan ini, masyarakat Pasir Putih diharapkan dapat mengelola dan merencanakan keuangan keluarga dengan lebih baik.

Kontributor: Muhammad Abdul Rohman

Editor: Olga Stephiana

LEAVE A REPLY