Mempelajari Indonesia Lewat Dokumenter

0
175
Documentary Days 2016
Documentary Days 2016

Tahu enggak, sih, Indonesia itu kaya dengan berbagai macam hal!

Apa aja, ya? Kekayaan alam? Kekayaan budaya?

Ah, mainstream! Enggak cuma itu!

Banyak loh yang hal-hal yang cuma bisa ditemukan di Indonesia, dan enggak ada di tempat lain. Contohnya, penggusuran bangunan liar yang sampai rusuh enggak karuan, orang kesurupan jin yang kadang sampe makan beling, fenomena bencong yang ngamen di jalanan, dan masih banyak lagi. Semuanya bakal ditayangin di Documentary Days!

Documentary Days adalah acara pemutaran film tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh mahasiswa, dan merupakan program andalan dari organisasi pers mahasiswa Badan Otonom Economica FEB UI. Pada tahun yang kesepuluh ini, Documentary Days bertajuk “Indonesia in a Nutshell” berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap segala macam hal yang berkaitan erat dengan Indonesia melalui film dokumenter.

Biar makin komplet, acara ini dibagi dalam empat program spesifik.

Pertama, Price of Beauty, yang mengemas film-film bertema pengorbanan untuk mencapai mimpi. Pengorbanan? Maksudnya? Coba tonton film berjudul “Kami Hanya Mengikuti Perintah Jenderal.” Selengkapnya, program ini akan menampilkan film Kami Hanya Mengikuti Perintah Jenderal, Marah di Bumi Lambu, Jatigede, Jakarta Unfair, Samin vs Semen, dan Jihad Selfie.

Kedua, One Decade of Docdays, yang akan menampilkan film-film terbaik selama sembilan tahun Documentary Days. Jadi, buat kamu yang belum pernah nonton Documentary Days sebelumnya, pantengin saja film-film di program ini, dijamin deh langsung bisa ngikutin.

Ketiga, Wiraga Wirama Wicitra, yang akan mengupas jati diri ibu pertiwi melalui film-film karya sineas tanah air. Orogram “Wiraga, Wirama, Wicitra” akan menampilkan film-film hasil submission, yaitu Arang Bathok, Dangdut is My Love, Macan Kombas, Menempah Doa, Pak Ogah, Sang Penghalang, danUrut Sewu. Berbagai hal yang berkaitan erat sama Indonesia akan diulas di sini. Tonton yang ini deh kalau mau tahu banyak tentang Indonesia!

Dan, yang terakhir, All You Need is Love, yang mencoba mengemas film-film bertema percintaan di Indonesia antara lain Emak dari Jambi, Tanah Mama, Boto, dan Onde Mandeh. Buat yang ingin ngegalau, program ini bisa banget buat dijadiin pilihan. Ngegalau sambil nonton film romantis? Udah biasa. Ngegalau sambal nonton film dokumenter? Itu baru keren!

Penulis: Tri Sutrisno Adri

LEAVE A REPLY