Kontingen FEB UI di Olimpiade UI Terancam Didiskualifikasi

0
1936

Kontingen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia terancam didiskualifikasi dalam empat cabang perlombaan pada Olimpiade UI 2016. Keempat cabang perlombaan tersebut yaitu Tenis Meja, Sepak Bola, Voli, dan Futsal. Pihak panitia Olimpiade UI telah mengeluarkan kontingen FEB UI dari jadwal dan bagan pertandingan keempat cabang lomba tersebun. Irsyan Maududy, Ketua BEM FEB UI 2016 menyatakan bahwa pihak panitia tidak mengomunikasikan keputusan diskualifikasi dengan baik. Menurutnya, pihak panitia telah secara sepihak mengambil keputusan tersebut tanpa menghiraukan keberatan serta pembelaan dari pihak FEB UI. Irsyan menyatakan hingga saat ini tidak ada press release yang dikeluarkan oleh pihak panitia.

“Ini hanya masalah pelanggaran administrasi kecil yang tidak begitu esensial,” ujar Raymondus Bramantya, Kepala Departemen Olahraga BEM FEB UI. Bram, sapaan akrab Raymondus, menuturkan untuk cabang tenis meja, voli dan futsal, alasan kontingen FEB UI didiskualifikasi adalah karena hanya menyerahkan (tidak menempelkan) pas foto pada formulir saat pengumpulan berkas pendaftaran.

“Kami sangat mempertanyakan keputusan panitia Olimpiade UI karena pada saat penyerahan berkas, Project Officer serta beberapa Penanggung Jawab Cabang Lomba Olimpiade UI yang secara langsung menyatakan kepada kami bahwa verifikasi berkas FEB UI tidak bermasalah dan dapat diverifikasi,” kata Irsyan. Hal tersebut dibenarkan oleh Awdy Fikri selaku Project Officer Olimpiade UI 2016, bahwa memang pada saat itu ia tidak mempermasalahkan mengenai verifikasi berkas kontingen FEB UI. “Namun pada tanggal 2 November ketika permasalahan verifikasi tersebut dilemparkan ke dalam forum pertemuan antara Kepala Departemen Olahraga dan Ketua BEM seluruh fakultas UI, pada saat itu hampir seluruh fakultas menyetujui jika FEB UI melanggar peraturan dan berhak didiskualifikasi dalam cabang lomba tenis meja, sepak bola, voli, dan futsal,” tutur Awdy. Dari hasil forum tersebutlah, pihak panitia Olimpiade UI mengambil keputusan untuk mendiskualifikasi FEB UI dalam keempat cabang tersebut.

Pihak Kontingen FEB UI yang diwakili oleh El Luthfie selaku Ketua Kontingen FEB UI menyatakan keberatannya terkait keputusan diskualifikasi tersebut. Menurut El, keputusan forum tersebut tidak dapat dijadikan acuan karena pihak FEB UI tidak diikutsertakan pada forum tersebut sehingga pihak FEB UI tidak diberikan kesempatan sama sekali untuk menyampaikan pendapat dan pembelaannya. Lebih lanjut lagi, El menambahkan sudah seharusnya pihak panitia Olimpiade UI mampu bersikap tegas dan independen dalam membuat suatu keputusan, tidak terpengaruh oleh hasil forum tersebut. “Forum tersebut tidak netral, masing-masing perwakilan fakultas memiliki kepentingannya sendiri-sendiri, sehingga sangatlah mungkin antara pihak-pihak tersebut saling menjatuhkan,” tutur El.

 

Kontributor: Naufal Maulana, Respati Suta Wibawa
Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY