Kelanjutan Nasib Kontingen FEB UI di Olimpiade UI 2016

2
1356
Kontingen Voli FEB UI 2016 yang terancam didiskualifikasi (Naufal Maulana / economica.id)
Kontingen Voli FEB UI 2016 yang terancam didiskualifikasi (Naufal Maulana / economica.id)

Pada tanggal 7 November, pihak FEB UI mengundang panitia Olimpiade UI 2016 untuk mengadakan forum pertemuan dalam rangka membicarakan lebih lanjut nasib kontingen FEB UI terkait keputusan diskualifikasi yang diberikan oleh panitia. Forum ini merupakan forum terbatas yang hanya dihadiri oleh pihak FEB UI dan pihak panitia tanpa mengikutsertakan perwakilan dari fakultas lain.

Pertemuan tersebut disepakati diadakan di Selasar Dekanat FEB UI dan dimulai pada pukul 20:30. Pihak FEB UI diwakili oleh Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB UI, Departemen Olahraga BEM FEB UI, Ketua Kontingen FEB UI, Ketua Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Olahraga FEB UI, serta beberapa atlit kontingen FEB UI terutama yang berlomba di cabang tenis meja, basket, voli, dan futsal. Sementara dari pihak panitia diwakili oleh Ketua BEM UI, Project Officer OLIM UI 2016, serta Penanggung Jawab (PJ) cabang lomba Tenis Meja, Basket, Voli, dan Futsal.

Forum tersebut berlangsung sangat alot, seringkali perdebatan dan ketegangan hadir dalam forum tersebut. Masing-masing pihak saling mempertahankan pendapatnya. Terdapat satu pasal peraturan yang diperdebatkan dalam forum tersebut, peraturan tersebut berbunyi, “Setiap peserta diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran.” Pihak FEB UI menafsirkan bahwa pas foto tidaklah harus ditempel, hanya cukup diserahkan saja seperti yang tertera dalam pasal peraturan lainnya.

“Menempel foto sangatlah tidak material, tujuan menyertakan foto hanya untuk memastikan apakah identitas peserta tersebut benar adanya, peserta juga sudah menyerahkan fotokopi KTM dan SIAK yang sudah ada fotonya, sehingga pas foto di formulir pendaftaran sangatlah tidak esensial, sangat tidak adil jika kami didiskualifikasi hanya gara-gara itu,” tutur Irsyan Maududy, Ketua Umum BEM FEB UI.

Namun Awdy selaku Project Officer Olimpiade UI tetap bersikeras pada pendapatnya bahwa kontingen FEB UI telah melanggar peraturan yaitu tidak mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. Menurut Awdy, menempel pas foto adalah salah satu bagian dari kelengkapan berkas pendaftaran.  Selain itu, Arya selaku Ketua BEM UI menjelaskan bahwa masalah ini telah dibahas dalam forum yang diadakan pada 2 November dan hampir seluruh perwakilan fakultas memutuskan bahwa Kontingen FEB UI didiskualifikasi pada keempat cabang lomba tersebut.

Awdy sempat menawarkan beberapa solusi kepada pihak FEB UI yaitu mengembalikan biaya pendaftaran serta bersama-sama membahas lagi masalah ini di dalam forum yang dihadiri oleh perwakilan seluruh fakultas. Pihak FEB UI menolak kedua solusi tersebut. Pihak FEB UI merasa bahwa percuma saja jika masalah ini diselesaikan di dalam forum dengan perwakilan dari fakultas lain karena di dalam Olimpiade UI ini mereka semua saling berkompetisi dan tentu setiap fakultas akan mewakili kepentingannya masing-masing sehingga keputusan yang dihasilkan tidak akan netral.

Forum yang berlangsung selam kurang lebih 4 jam tersebut akhirnya menghasilkan keputusan bahwa Awdy Fikri selaku Project Officer Olimpiade UI akan membicarakan masalah ini dengan seluruh PI dan BPH Olimpiade UI serta mengambil keputusan bersama mereka. Awdy menjanjikan kepada pihak FEB UI untuk memberikan keputusan akhir apakah kontingen FEB UI tetap didiskualifikasi atau tidak paling lambat jam 12 siang tanggal 8 November 2016. Lebih lanjut lagi, Awdy menjanjikan bahwa jika keputusan menyatakan bahwa kontingen FEB UI tetap didiskualifikasi maka pihak panitia Olimpiade UI 2016 akan mengeluarkan press release di seluruh akun media sosial BEM UI maupun Olimpiade UI, pihak panitia juga akan mengadakan press conference serta permintaan maaf kepada seluruh IKM FEB UI.

 

Kontributor: Naufal Maulana, Respati Suta Wibawa
Editor: Muhammad Faathir

2 COMMENTS

  1. Bilang aja sih gak pengen feb ui jadi juara umum olim. Masalah kecil dibesar2kan segala. Plis deh panitia olim, netral dalam urusan ini tanpa membawa kepentingan berbagai fakultas. Gak usah sok2 merasa harus lebih superior. Kalau emang gak disuruh nempel pas foto ya wajar gak ditempel. Jangan coba2 ngakalin diskualifikasi segala karena takut medalinya diambil feb ui. Kalau gak mau kalah olim, caranya ya berlatih lebih giat, bukan pake acara diskualifikasi gak jelas. No hate speech, just personal opinion. THX

LEAVE A REPLY