Jelang Demonstrasi Ahok, Sumarsono: Hari Ini Tidak Ada Cuti

0
266
Sumarsono saat memberi keterangan kepada pihak media terkait aksi demonstrasi hari ini (Lestary J. Barany / economica.id)
Sumarsono saat memberi keterangan kepada pihak media terkait aksi demonstrasi hari ini (Lestary J. Barany / economica.id)

Persiapan demonstrasi terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau kerap disapa Ahok berjalan aman pada hari Jumat, 4 November 2016. Sejak pukul 7 pagi, para demonstran telihat mulai berjalan di sekitaran Stasiun Gondangdia, Tugu Tani, dan Jalan Medan Merdeka Selatan. Petugas keamanan telah dikerahkan untuk menjaga jalannya demonstrasi di setiap sudut jalan. Balai kota DKI Jakarta sendiri telah diawasi oleh ratusan aparatur keamanan. Pemantauan demonstran tidak hanya langsung di lapangan, tetapi juga melalui ruang kontrol satpol PP dan ruang CCTV di kantor Jakarta Smartcity. Sehubungan dengan demonstrasi ini, pihak Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Sebanyak 170 tenaga medis dan 120 ambulance telah disiapkan. Selain itu, toilet, tenaga kebersihan, dan pemadam kebakaran turut dikerahkan di kawasan Monas dan Balai kota.

Terkait dengan penutupan beberapa kedutaan, Plt. Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengaku hampir tidak menerima keluhan atau izin penutupan. “Yang ada saya menerima doa dari mereka agar demonstrasi hari ini berjalan damai dan aman,” tuturnya.

Sumarsono juga menghimbau agar aktivitas tetap berjalan seperti biasa. Termasuk bagi para PNS yang bekerja di Balai kota. Ia mengatakan bahwa pada pukul 10.00 ia akan menerima laporan absen. Jika ada pegawai yang tidak hadir tanpa alasan, mereka akan diberikan sanksi keesokan harinya. “Walikota, Camat, dan Lurah kalau ada yang lagi cuti, hari ini batalkan cutinya,” tegasnya.

Kontributor: Lestary J. Barany
Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY