Eksplorasi Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI di FEB UI

0
931
Kedua Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2017 saat mengikuti kegiatan eksplorasi di Selasar FEB UI (Nahla Nurusshafa / economica.id)
Kedua Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2017 saat mengikuti kegiatan eksplorasi di Selasar FEB UI (Nahla Nurusshafa / economica.id)

Rabu, 16 November 2016, merupakan giliran Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi tempat ekplorasi Pemilihan Raya Ikatan Mahasiswa (PEMIRA) UI. Eksplorasi Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2017 diadakan di Selasar FEB sekitar pukul 20.00 WIB.

Pada pembukaan sesi, masing-masing calon diminta untuk memaparkan visi-misi yang akan mereka bawa bagi BEM UI. Pasangan dengan nomor urut 1, yaitu Fauzan Budi Prasetya dan Ardan Aziz Rahman (Ojan – Aziz) mengatakan bahwa mereka akan memanfaatkan IT agar dapat menjadikan BEM UI sebagai marketplace bagi kebutuhan setiap fakultas, meningkatkan branding, serta akan melakukan perbaikan pada sistem keuangan BEM UI. Sedangkan pasangan dengan nomor urut 2, yaitu M. Syaeful Mujab dan Yoga Pratama (Mujab – Yoga) akan berfokus pada kolaborasi dari setiap fakultas serta akan menciptakan internal yang kondusif melalui 3 program: open data IKM UI, optimalisasi advokasi berbasis aplikasi, dan ruang karya.

Pada sesi selanjutnya diadakan tanya jawab dengan dua panelis, yaitu Agi (Mantan Fungsionaris BEM FEB UI) dan Irsyan Maududy (Ketua BEM FEB UI 2016). Pada sesi ini, Agi dan Irsyan secara bergantian bertanya mengenai alasan Ojan-Aziz dan Mujab-Yoga ingin menjadi ketua BEM UI, manfaat BEM UI bagi FEB, grand design untuk jangka panjang, mekanisme kepanitiaan tingkat UI, pendapat tentang pasangan, dan keunggulan mereka serta lawan.

Terkait mekanisme kepantiaan BEM UI, kedua calon memiliki pendapat yang sama untuk memperbaiki sistem yang ada selama ini. Pasangan Ojan-Aziz mengatakan bahwa mereka akan membuka open tender bagi mahasiswa UI. Kemudian calon ketua dan tim akan mendapat bimbingan intensif sebelum dilakukannya FPT. Mereka juga akan menegakkan kejelasan SOP dan MoU terutama pada bagian keuangan. Tidak jauh berbeda, pasangan Mujab-Yoga juga akan melakukan bimbingan kepada calon ketua acara beserta tim sebelum dilakukannya bidding.

Setelah berlangsung hampir selama satu jam, sesi kedua ini ditutup dengan kata penutup dari kedua panelis. Menurut Irsyan, kedua calon memiliki keseriusan yang besar untuk maju sebagai ketua dan juga memiliki visi misi yang hampir sama, yaitu memperbaiki sistem yang ada di BEM UI. Maka dari itu Irsyan berpesan agar kedua calon fokus terhadap apa yang mereka bawa. Tidak terlalu berbeda dengan Irsyan, Agi juga menambahkan agar kedua calon merumuskan grand design yang dapat diimplementasikan untuk jangka panjang serta menjaga amanah jika mereka terpilih nantinya.

 

Kontributor: Safira Salwa

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY