Tolak Reklamasi, BEM se-UI Beraksi

0
155
BEM se-UI bersiap melancarkan aksi tolak reklamasi
BEM se-UI bersiap melancarkan aksi tolak reklamasi

Isu reklamasi di Teluk Jakarta kembali memanas sejak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan menyetujui program tersebut. Begitu mendengar kabar akan dilanjutkannya reklamasi Pulau G dan dicabutnya moratorium reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta, BEM UI dan beberapa BEM tingkat Fakultas di UI melancarkan aksi penolakan yang dilakukan pada Selasa, 13 September di depan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemko Maritim).

“Hari Kamis kami (BEM UI) udah menerima kabar bahwa Luhut Panjaitan kembali menyetujui proyek reklamasi. Begitu mendengar itu kami langsung menginisasi gerakan aksi dengan BEM Fakultas. Pada akhirnya kami memilih hari Selasa karena bertepatan dengan konferensi pers yang diadakan oleh Kemko Maritim,” ujar Arya, ketua BEM UI 2016.

Selain beraksi turun ke jalan, BEM UI dan beberapa BEM Fakultas juga akan mengajukan kembali hasil kajian yang telah mereka lakukan kepada Pemerintah. Diharapkan, hasil kajian yang diberikan akan dapat mengubah sikap Kemko Maritim terhadap reklamasi.

Pada aksi kali ini terdapat massa yang digalang oleh BEM UI, BEM FH UI, BEM FIB UI, BEM FT UI, BEM FISIP UI, BEM FKM UI, dan BEM FMIPA UI. Selain mahasiswa UI, akan hadir pula mahasiswa dari PNJ dan UNJ untuk bergabung menolak reklamasi. Saat ini rombongan dari BEM UI dan beberapa BEM tingkat fakultas masih dalam perjalanan menuju Kemko Maritim.

 

Kontributor: Fakhri Fadhil

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY