Delegasi Berbagai Negara Hadiri Closing Ceremony The 4th Asia Pasific Student Forum

0
380

Pada Sabtu, 24 September 2016 di Hotel Santika, Depok berlangsung closing ceremony The 4th Asia Pasific Student Forum (APSF). The 4th Asia Pasific Student Forum (APSF) adalah salah satu konferensi internasional terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Universal Youth Alliance (UYA). Pada tahun ini dengan tema “The Role of Quality Education in Youth Employment and Entrepreneurship: Through The Lens of Sustainable Development”, The 4th Asia Pasific Student Forum (APSF) menghadirkan 74 peserta sebagai delegasi dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Meksiko, Filipina, Vietnam, Singapura, Sieralone, dan lain-lain.

The 4th Asia Pasific Student Forum (APSF) diadakan pada tanggal 20-24 September 2016. Hari ke-1 dimulai dengan menjemput para delegasi di Bandar Udara Soekarno Hatta yang dibagi ke dalam 2 kloter, pagi dan siang. Hari ke-2 bertempat di LITI, Bogor diselenggarakan seminar mengenai entrepreneurship, education, dan employment, yang kemudian dilanjutkan dengan Project AKP, sebuah focus group discussion untuk mencari solusi atas setiap case dari sebuah negara. Hari ke-3 adalah presentasi paper di gedung ILRC, yang dilanjutkan dengan cultural workshop session yang mengajarkan para delegasi untuk menarikan tarian tradisional Indonesia. Hari ke-4 diadakan tour ke wilayah Universitas Indonesia, yang difokuskan ke Fakultas Ilmu Budaya dan dilanjutkan dengan makan siang di Taman Lingkar Perpustakaan, Universitas Indonesia sembari melakukan presentasi hasil diskusi. Sebagai penutup rangkaian acara, pada hari ke-5 para delegasi diajak melakukan cultural visit ke Museum Bank Indonesia, Kota Tua, dan Thamrin City.

Meskipun sempat terjadi kemacetan dalam perjalanan menuju Hotel Santika yang menyebabkan keterlambatan acara 1 jam dari rundown, menurut Jose Eduardo Morales Valdez, seorang delegasi asal Meksiko, The 4th Asia Pasific Student Forum (APSF) adalah acara yang hebat karena dapat mempertemukan delegasi-delegasi dari berbagai negara di dunia. Eduardo menambahkan bahwa topik acara sangat menarik, tidak hanya menurutnya tetapi juga menurut seluruh delegasi yang hadir, ia merekomendasikan kepada orang-orang yang tertarik dengan entrepreneurship, leadership, dan topik-topik seputar United Nation untuk turut berpartisipasi dalam acara ini.

“Acara tahun ini berbeda dengan 2 tahun sebelumnya, tahun ini mengalami penurunan jumlah delegates dari tahun lalu sebanyak 90 peserta, hanya saja durasi acara untuk tahun ini lebih lama yaitu 5 hari, dulu hanya 3 hari. Secara keseluruhan, acara tahun ini lebih baik dan semuanya berjalan dengan lancar. Peserta tahun ini sangat antusias dalam mencari solusi dari permasalahan yang diberikan melalui case-case, jumlah peserta yang mendaftar juga hampir 1000, tetapi kami seleksi menjadi 74,” jelas Nanda, Director of Public Relation The 4th Asia Pasific Student Forum (APSF).

 

Kontributor: Bunga Mentari dan Naula Kamila

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY