Musikampus 2016: Bersama Menikmati Empat Zaman

0
189
Musikampus 2016 (Gita Premashanti / economica.id)
Musikampus 2016 (Gita Premashanti / economica.id)

Pada Sabtu, 14 Mei 2016 Orkestra Simfoni Universitas Indonesia (OSUI) Mahawaditra menggelar konser tahunan bertajuk “Musikampus” yang bertempat di Balai Sidang UI. Dihadiri oleh lebih dari 100 pengunjung, ruangan tampak padat. Konser kali ini diselenggarakan selama dua sesi, yakni sesi pertama pada siang hari; dimulai pukul 14.00 dan sesi malam yang dimulai jam 19.00. Saat masuk, penonton tidak hanya disuguhkan dengan tatanan ruangan dan dekorasi yang baik, tapi juga dengan penampilan para musisi yang menawan.

Musikampus kali ini mengangkat tema tentang 4 zaman musik klasik, meliputi baroque, classic, romantic, dan modern. “Kami mengangkat tema ini untuk lebih mengenalkan khalayak ramai, khususnya civitas mahasiswa UI, akan ragam musik klasik,” tutur Marcella sebagai Project Officer Musikampus ke-9.

Acara Musikampus tersebut juga dihadiri oleh salah seorang konduktor kenamaan Indonesia, Addie MS, yang datang khusus untuk menyaksikan penampilan OSUI Mahawaditra. Addie MS secara pribadi juga sempat memberikan selamat kepada para musisi, khususnya pada Concert Mistress (istilah dari pemimpin orkestra) dan kedua konduktor yang memimpin jalannya konser.

Usai lagu terakhir yang bertajuk “By the Beautiful Blue Danube” selesai dibawakan, tidak sedikit penonton yang tidak ragu melakukan standing applause. “Dibuat terpukau di awal, saya kira konsernya akan berjalan seperti konser orkestra lainnya, namun hal ini berbeda karena di akhir konser terdapat salah satu lagu yang sangat berkesan. Ini membuat kami semua ikut bertepuk tangan sesuai tempo, seperti benar-benar terbawa oleh nuansanya, teringat pada zamannya,” tutur Hillary, salah satu pengunjung konser Musikampus malam itu.

Tidak hanya penonton yang datang, pihak OSUI Mahawaditra juga senang dan antusias melihat respon pengunjung yang begitu positif. “Saya puas dengan hasil yang diperoleh, akhirnya kerja keras kami sejak awal Februari dapat terbayar,” tutur Jacqueline Sara sebagai ketua OSUI Mahawaditra sekaligus Concert Mistress semalam. Selain itu, ia juga berharap agar Musikampus dapat mengangkat tema yang inovatif dan konsep-konsep yang lebih unik dan lebih menantang untuk dipertunjukkan di tahun-tahun mendatang.

 

Kontributor: Gita Premashanti

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY