8th Student Research Days FEB UI: The Ideas Contest

0
296
Suasana presentasi PKM 8th Student Research Days (Tim Dokumentasi 8th Student Research Days)
Suasana presentasi PKM 8th Student Research Days (Tim Dokumentasi 8th Student Research Days)

Pada Senin, 2 Mei 2016 telah diadakan salah satu acara tahunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yakni 8th Student Research Days (SRD). Acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa baru ini telah ada sejak 2008, bertujuan menjadi wadah dan ajang untuk mahasiswa FEB UI menuangkan ide, inovasi, gagasan dan kreativitas mereka dalam bidang ilmiah melalui serangkaian kompetisi. Pada edisi kedelapan, SRD mengusung tema The Ideas Contest. Tema yang memiliki jargon #DareToTry ini menggabarkan tantangan untuk mahasiswa FEB UI untuk berani mencoba mengikuti kompetisi ilmiah dan memberikan suasana bahwa lomba ilmiah itu menyenangkan.

Acara yang dipersiapkan sejak bulan November tahun lalu ini memiliki serangkaian kompetisi yang tidak hanya dinilai oleh dosen FEB UI, namun juga oleh dosen fakultas lain. Salah satu kompetisi yang diadakan adalah lomba penulisan dan presentasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pada SRD kali ini, ketujuh bidang yang ada seluruhnya dilombakan. Selain PKM, 8th SRD juga menyelenggarakan lomba debat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, poster inspiratif, esai pemikiran kritis dan quiz.

Rangkaian kompetisi ini diakhiri dengan Awarding Night The 8th SRD. Awarding Night bertujuan untuk mengapresiasi ide-ide dan gagasan para peserta 8th SRD juga sebagai malam penganugerahan untuk para pemenang. Saat Awarding Night juga terjadi penyerahan simbolis bendera kontingen dari panitia ke Departemen Keilmuan BEM FEB UI. Awarding Night sekaligus menandai berakhirnya rangkaian acara 8th SRD.

Anna Melinda, Project Officer 8th SRD, mengungkapkan harapannya agar SRD tetap diadakan dan dapat menarik lebih banyak minat mahasiswa FEB UI untuk berkarya dibidang keilmuan. “Dengan membudayakan budaya ilmiah di kalangan mahasiswa FEB UI, diharapkan kedepannya semakin banyak karya PKM yang dihasilkan oleh mahasiswa FEB UI dengan ide-ide luar biasa dan PKM yang berkualitas, sehingga nantinya dapat membawa FEB UI menjadi Juara Umum OIM dan juga lolos dan didanai oleh Dikti,” tutup Melinda.

 

Kontributor: Ghina Athira
Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY