Pengobatan Massal Gratis bagi Warga Pasir Putih

0
204
Pengobatan Massal Gratis di Pasir Putih, Sawangan (Annisa Arlishani / economica.id)
Pengobatan Massal Gratis di Pasir Putih, Sawangan (Annisa Arlishani / economica.id)

Devout FEB UI bekerja sama dengan BEM Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) mengadakan pengobatan gratis di Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sawangan. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 10 April 2016 pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB yang terbagi menjadi dua sesi.  Pengobatan ini bertempat di kediaman bapak Asmawi selaku ketua RW Kelurahan Pasir Putih. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja Devout di bidang kesehatan. Tujuan kegiatan ini adalah membenahi kesehatan  masyarakat Kelurahan Pasir Putih khususnya masyarakat RW 07.

Menurut Project Officer Devout, Tito, kegiatan ini telah dipersiapkan sejak dua minggu sebelumnya mulai dari pematangan konsep hingga kerjasama dengan pihak BEM FK UI. Kemarin, kupon pengobatan gratis disebar sebanyak 120 buah untuk warga pasir putih melalui ibu kader PKK. Persiapan juga dilakukan oleh pihak BEM FK UI mulai dari menandatangani perjanjian dengan pihak Devout hingga menyiapkan peralatan dan obat-obatan yang diperlukan. Kedua belah pihak setuju hubungan kerjasama tersebut menguntungkan keduanya.

Masyarakat yang terdaftar harus melalui beberapa prosedur yang dimulai dari pendaftaran pasien; pemeriksaan fisik seperti tekanan darah, denyut nadi, dan berat badan; kemudian pasien bisa langsung berkonsultasi dengan dokter beserta resep dan obat. Pasien ditangani oleh lima tenaga dokter dari FK UI yang terdiri dari tiga dokter umum, satu dokter spesialis anak, dan satu dokter penyakit dalam. Selain itu, mahasiswa-mahasiswa FK UI juga membantu dalam pemeriksaan kesehatan fisik.

Warga menanggapi kegiatan ini secara positif. Para warga antusias berdatangan untuk berobat atau hanya sekedar memeriksakan kesehatannya. Semula, pengobatan massal ini hanya diperuntukkan kepada warga yang telah memiliki kupon. Namun karena tingginya minat dan antusias warga untuk berobat secara gratis akhirnya panitia membuka lagi layanan kesehatan bagi seluruh warga. Ibu Herna, warga RW 007 menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan pengobatan massal tersebut. “Sangat membantu sekali masyarakat di sini, kalau bisa sebulan sekali,” ujarnya.

Menjelang akhir kegiatan, salah satu perwakilan BEM FK UI, Nadine, menyatakan bahwa banyak masyarakat yang menderita penyakit hipertensi bagi lansia dan infeksi kulit karena jamur. Ia juga menyatakan penyakit tersebut dapat muncul karena pola hidup masyarakat yang masih kurang dalam menjaga kebersihan.

Harapan dalam kegiatan ini adalah supaya masayarakat Pasir Putih lebih sadar akan kesehatan mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selama ini, sebagian warga masyarakat Pasir Putih membuang sampah sembarangan dan pengelolaan sampahnya dengan cara dibakar.

 

Kontributor: Annisa Arlishani dan M. Abdul Rohman
Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY