Minang Culture Festival: Semarak Budaya Minangkabau di UI

0
142
Minang Culture Festival 2016 (Tiara Rizka Utami / economica.id)
Minang Culture Festival 2016 (Tiara Rizka Utami / economica.id)

Pada tanggal 13 Maret 2016, acara Minang Culture Festival (MCF) kembali diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Minang UI (IMAMI UI). Pada tahun ini, acara tersebut dilaksanakan di Gedung Graha Bakti, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat yang merupakan acara puncak dari rangakaian MCF tahun ini.

Dengan tagline “Badabuah Jantuang Minang di Rantau”, acara ini diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan seni budaya minangakabau dan sebagai wujud ekspresi dan apresiasi terhadapa warisan budaya yang ada di Minangkabau

MCF tahun ini menampilkan seni drama tari dan musik tentang “Cindua Mato”, salah satu cerita rakyat Minangkabau yang diselingi dengan Randai, permainan tradisional khas Minangkabau.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00-22.30 WIB ini juga dimeriahkan oleh Praz Teguh, fashion show baju tradisional Minangkabau kontemporer, bazar yang menjual berbagai makanan,minuman dan souvenir khas Minang serta pameran foto kebudayaan Minangkabau.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, terutama masyarakat Minang yang berada di sekitar Jabodetabek. Bahkan, acara ini juga dihadiri oleh bapak Irwan Prayitno, gubernur Sumatera Barat beserta rombongannya.

Sebelum acara puncak diselenggarakan , MCF juga mengadakan pertunjukan mini di Tanah Abang Blok B, tanggal 5 Maret 2016, pukul 10.00-12.00 WIB. Pertunjukan mini ini dimeriahkan dengan penampilan tarian tradisional minangkabau seperti tari piring, tari pasambahan, tari lilin dan tari rantak serta Randai.

MCF1

 

 

Kontributor: Tiara Rizka Utami

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY