Mempromosikan UKM Melalui Marketeers Creativity Day

0
175
Indves, salah satu UKM yang tampil pada Marketeers Creativity Day 2016 (Naufal Maulana / economica.id)
Indves, salah satu UKM yang tampil pada Marketeers Creativity Day 2016 (Naufal Maulana / economica.id)

Marketeers Creativity Day merupakan acara bulanan yang diadakan oleh pihak SMESCO bekerjasama dengan MarkPlus dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Ini merupakan pelaksanaan Marketeers Creativity Day yang ketiga kalinya. Acara ini diselenggarakan di Galeri Indonesia WOW Lantai 1 dan 2, SME Tower, SMESCO. Marketeers Creativity Day kali ini mengangkat tema sociotechnopreneurship. “Tema kali ini menggabungkan antara sociopreneur dengan technopreneur, melalui tema ini kami ingin memberikan kesadaran bahwa seorang entrepreneur harus mengikuti perkembangan zaman, tidak boleh mengabaikan teknologi di dalam menjalankan bisnisnya karena teknologi mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berwirausaha” terang Adit, selaku pihak penyelenggara acara ini.

Acara yang berlangsung dari pukul 10:00 pagi hingga 15:00 tersebut dibuka oleh Hermawan Kertajaya (Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Pakar Wirausaha dan Marketing), Ahmad Zabadi (Dirut SMESCO), dan Roy Dharmawan (Anggota POKJA Pembibitan Wirausaha Nasional, Kemenko Perekonomian RI, Dosen FEB UI). Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh Dede Hidayat selaku Direktur Seven Eleven, Ellies Sutrina selaku CEO TV Excellent, dan Priscilla Maulina dan Khaniya Laksmi selaku Runner up Putri Pariwisata Indonesia.

Acara ini diadakan untuk mendukung pengembangan pelaku usaha kecil dan menengah, memfasilitasi mereka untuk memperkenalkan dan mempromosikan produknya. Ada banyak UKM yang mengisi stand pameran pada acara tersebut, mulai dari Sribu.com yang menawarkan jasa desain berkualitas, Indves.com yang menawarkan kemudahan berinvestasi secara syariah, KRAUKK yang menyediakan makanan olahan dari seafood, CHEESAVA dengan produk keju mozzarella yang rendah lemak, Garage Juice dengan produk jus sehat mereka hingga VITEA dengan produk teh herbal.

Tidak hanya berisi pameran dari UKM, terdapat pula rangkaian acara lain seperti talkshow mengenai digitalisasi UMKM oleh Asosiasi Digital Entrepreneur, talkshow bersama pengembang game di Indonesia yaitu East West Digital Media, dan talkshow mengenai cara pemasaran yang baik oleh Indonesia Marketing Association. Selain itu, ada juga Sociotechnopreneurship Talk bersama UKM-UKM yang telah sukses memadukan unsur socio dan techno dalam usaha mereka, UKM tersebut yaitu KITABISA.COM, SOCIAL MOVEMENT with JAKARTA SMART CITY UNITUS IMPACT, dan ULIMITED Indonesia. Tidak kalah serunya, para pengunjung juga dihibur oleh berbagai pertunjukkan mulai dari traditional dance, fashion show, standup comedy, hingga penampilan dari IKA VUJE dan PURWACARAKA MUSIC.

”Acara seperti ini yang sangat dibutuhkan bagi para pelaku bisnis yang baru menjalankan bisnisnya seperti kami, melalui acara ini kami tidak hanya diberi kesempatan untuk mempamerkan dan mempromosikan produk kami, kami juga mendapatkan banyak pengetahuan baru melalui talkshow-talkshow yang diberikan, selain itu kami juga menjadi kenal dengan para pelaku UKM lainnya dan membangun jaringan serta kerjasama dengan mereka” jelas Vissia, pemilik usaha Sun VioRy.

 

Kontributor: Naufal Maulana
Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY