The 15th Sharia Economic Days

0
188
Suasana 15th Sharia Economic Days (Emil Muhammad / economica.id)
Suasana 15th Sharia Economic Days (Emil Muhammad / economica.id)

Forum Studi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (FSI FEB UI) kembali menggelar perhelatan Sharia Economic Days yang kelima belas pada 14-17 Februari 2016. Dengan mengusung tema besar “Redefinisi Ekonomi Islam untuk Kemakmuran Negeri”, The 15th SECOND mengundang seluruh pelajar setingkat D3 dan S1 dari seluruh indonesia untuk menyalurkan ide dan gagasannya untuk kemajuan perkembangan riset ekonomi islam di Indonesia. Rangkaian acara yang berlangsung selama 4 hari ini terdiri dari seminar, konferensi, company visit, dan malam penganugerahan yang berlokasi di Universitas Indonesia, Kantor Otoritas Jasa Keuangan, dan Hotel Sofyan Betawi.

Seminar yang dilaksanakan pada Senin, 15 Februari 2016 terbagi kedalam dua sesi. Sesi pertama membahas peran Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dalam mendorong inovasi produk keuangan syariah. Menurut Project Officer The 15th SECOND, Amrial, tema seminar ini diangkat karena meskipun ekonomi islam sudah dipelajari secara luas di Indonesia, masih terdapat kebingungan akan penerapan ekonomi islam di masyarakat. “Keberadaan KNKS merupakan langkah nyata dalam pengembangan ekonomi islam di Indonesia,” tutur Amrial dalam sambutannnya.

Sesi kedua seminar membahas sumber daya manusia yang ideal untuk industri keuangan syariah. Sesi ini diisi oleh akademisi dan HR manager dari bank syariah nasional. Seminar The 15th SECOND turut menghadirkan guru besar FEB UI, Prof. Emil Salim sebagai keynote speaker.

Sementara untuk konferensi nasional ekonomi syariah dilaksanakan secara paralel di lingkungan FEB UI. Konferensi terbagi kedalam tiga subtema, yakni Ilmu Ekonomi Islam, Syari’ah dan Fiqh Muamalah, serta Bisnis dan Keuangan Islam. Konferensi ini diikuti oleh 30 besar tim yang telah lolos seleksi paper lebih dari 70 paper yang masuk. Peserta diundang ke FEB UI untuk mempresentasikan paper masing-masing tim sekaligus ajang silaturahmi sesama pelajar ekonomi islam dari seluruh indonesia. Pada tahun ini, panitia menyiapkan golden award 1 paket umroh untuk 1 orang dari tim dengan paper terbaik.

Rangkaian acara ditutup dengan awarding night yang bertempat di hotel sofyan. Hadiah umroh didapatkan oleh tim dari Universitas Gadjah Mada dengan paper yang berjudul “B2B E-Commercial, Aplikasi Web untuk Integrasi Pasokan Usaha Industri Halal di ASEAN”. Hadiah diberikan secara simbolik oleh perwakilan dari Al-Amin Universal Tour and Travel sebagai sponsor utama The 15th SECOND.

Kontributor: Emil Muhamad

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY