Menyimak Kabar UI Faculty Club

0
1139
Papan Perincian Pembangunan UI Faculty Club (Muhammad Faathir / economica.id)
Papan Perincian Pembangunan UI Faculty Club (Muhammad Faathir / economica.id)

Proyek bangunan “Integrated Faculty Club” di Universitas Indonesia kampus Depok tidak selesai sesuai rencana. Hal tersebut karena terdapat banyak kerusakan di berbagai bagian. Menurut rencana, proyek ini seharusnya dilaksanakan selama 120 hari kalender sejak tahun ajaran 2015 dan diresmikan pada Januari lalu.

Integrated Faculty Club merupakan gedung olahraga terintegrasi berskala internasional yang tujuan awalnya dipergunakan untuk keperluan kejuaraan olahraga tingkat internasional. Proyek yang dilaksanakan oleh PT. Ecosif Multi Kreasi ini menelan biaya kurang lebih Rp. 4.559.553.280 rupiah yang bersumber dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Universitas Indonesia.

Saat ini, proses pembangunan proyek mencapai 75% dan hampir mendekati selesai. Namun, karena berbagai kerusakan yang timbul, akhirnya pembangunan terfokus untuk perbaikan bagian-bagian yang rusak. Kerusakan tersebut antara lain kebocoran atap, lantai rusak, kerusakan dibagian kamar mandi dan sebagainya.

Pak Edi, pegawai Universitas Indonesia yang bertugas mengawasi perbaikan gedung UI  Faculty Club mengatakan proyek ini belum diketahui secara pasti kapan secara resmi akan dapat dipergunakan. Awalnya, proyek ini hanya akan dipergunakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia. Namun, karena terdapat rencana penyerahan proyek kepada swasta, bangunan ini kemungkinan akan dapat dipergunakan oleh umum.

Saya juga nggak tahu persis. Tapi sekarang karena ini mau rencananya di kasihin ke swasta, jadi buat orang luar. Buat umum jadinya,” ujar pak Edi. Meski begitu, fasilitas olahraga seperti lapangan golf telah beberapa kali dipergunakan oleh Rektor dan beberapa Dekan Fakultas Universitas Indonesia.

Proyek ini merupakan salah satu proyek yang direncanakan oleh mantan Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Der Soz. Gumilar Rusliwa Soemantri yang memerintah sejak tahun 2007 hingga tahun 2012. Namun, karena masalah hukum, proyek tersebut macet dan baru dilanjutkan kembali oleh Rektor berikutnya, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met.

Integrated Faculty Club, terdiri dari tiga gedung utama dan tiga lapangan yang dipergunakan untuk enam cabang olahraga seperti Gym, Golf, Basket, Futsal, Tennis lapangan, dan Renang. Untuk merawat peralatan – peralatan yang ada didalamnya, saat ini terdapat delapan orang cleaning service dan beberapa teknisi dari luar yang dipanggil sesuai keperluan.

 

Kontributor: Citra Mufthi

Editor: Muhammad Faathir

LEAVE A REPLY