Konstruksi Jembatan di Stasiun UI Roboh, Pembangunan Terhenti Sementara

0
211

Tangga jembatan Stasiun Universitas Indonesia (UI) yang sedang dibangun tiba-tiba roboh pada Minggu sore, 6 Desember 2015. Poppy (16), seorang pedagang di barel kebetulan ada di sana dan melihat kejadian itu secara langsung.

Hujan gerimis disertai angin tengah mengguyur kota Depok pada saat kejadian berlangsung. Sekitar pukul 15.15 WIB, Poppy mendengar bunyi mengagetkan dari seberang tempatnya berjualan. Ternyata tangga di sebelah kanan jembatan yang sedang dibangun di pinggir rel kereta Stasiun Universitas Indonesia ambruk.

Poppy menyaksikan langsung ambruknya jembatan tersebut dari tempatnya berdiri. Yaitu di sekitar dua kios dari WC Umum dan tepat di depan kios Foto Copy. Menurut penjelasannya, ada tiga pekerja yang ikut jatuh pada kejadian itu.

Pas ambruk kebetulan yang lewat sedikit dan cor-nya enggak kena orang. Terus pekerjanya ikut jatuh juga, tapi nggak apa-apa mereka. Abis itu banyak yang ngerumunin berebut pengen liat,” ungkap Poppy.

Tiga orang pekerja tersebut sedang menata adukan semen dari atas. Ketika jembatan itu ambruk, ketiga pekerja itu pun ikut jatuh dari pondasi jembatan. Anyaman besi untuk jembatan dan adukan semen tidak bisa ditopang oleh kayu dan tiang yang dibangun sebelumnya.

Area yang diyakini rawan dan berpotensi membahayakan pejalan kaki sudah diamankan dengan seng besi sebagai pagar sehingga kerusakan hanya berada di area yang sudah dipagari. Dikonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Tiga pekerja yang ikut jatuh tidak mengalami luka ataupun cedera.

 

Terhenti Sementara

Pembangunan jembatan terlihat tidak mengalami kemajuan semenjak kejadian tersebut. Hal ini dikonfirmasi oleh Pak Budi (22) pekerja yang mengaku baru datang bersama rombongan 7 Desember 2015 pagi.

“Saya baru dateng tadi pagi, Mba. Jadi nggak tau banyak masalah pembangunan jembatan yang ambruk. Cuman yang kerja bangun jembatan yang ambruk udah enggak di sini lagi katanya jadi digantiin sama kami”

Sebelumnya terdapat rombongan pekerja yang bertanggung jawab akan pembangunan jembatan. Robohnya jembatan menjadi alasan perhentian pembangunan untuk sementara. Namun, pembangunan jembatan yang berada persis di seberangnya tetap berjalan sesuai rencana. Kejadian ini tidak mengganggu mobilitas pejalan kaki sekitar Stasiun Universitas Indonesia, namun pejalan kaki tetap harus waspada agar terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi.

 

Penulis: Silvia Adinda

LEAVE A REPLY