Sosialisasi Peraturan Pemira dan Pendaftaran Kandidat

0
304

Pada hari Senin, 2 November 2015, telah diadakan sosialisasi peraturan Pemilihan Raya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (Pemira FEB UI). Acara ini dimulai sejak pukul 16.30 WIB. Pemira atau Pemilihan Raya FEB UI adalah ajang pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UI (BEM FEB UI), serta anggota independen Badan Perwakilan Mahasiswa FEB UI (BPM FEB UI).

Dalam rangka menyukseskan Pemira FEB UI 2015, diadakanlah acara sosialisasi ini. Acara Sosialisasi Pemira FEB UI yang diselenggarakan oleh kepanitiaan di bawah BPM FEB UI bertempat di Selasar Kampus FEB UI dan berlangsung selama kurang lebih satu jam. Acara ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang Pemira seperti peraturan-peraturan Pemira tahun ini, serta prosedur pendaftaran sebagai kandidat Pemira FEB UI kepada seluruh mahasiswa FEB UI pada umumnya, dan calon kandidat khususnya.

Dihadiri oleh sekitar 50 orang, acara ini diawali dengan doa dan kata sambutan dari Rifqi Alfian Maulana selaku Ketua BPM FEB UI dan selanjutnya diikuti oleh sambutan oleh Harry Setya Negara selaku Project Officer Pemira FEB UI 2015. Inti dari sambutan keduanya berisi harapan bahwa para kandidat dapat bersaing secara sehat, dan setelah terpilih dapat mengemban amanah dengan baik dan memberikan kontribusi positif terhadap seluruh masyarakat FEB UI selama satu tahun masa kepengurusan. Setelah kata sambutan, materi peraturan Pemira dan prosedur pendaftaran kandidat dibawakan oleh Mario dan Nabila dari divisi Rules and Regulation.

Mario dan Nabila menjelaskan tentang berkas-berkas yang diperlukan untuk pendaftaran, yang didalamnya termasuk Curriculum Vitae (CV), anggaran rapat, dan essay. Selain berkas pendaftaran, mereka selanjutnya menjelaskan ketentuan tentang lembar dukungan di mana para kandidat harus mengumpulkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan masyarakat FEB UI atas para kandidat. Biaya kampanye dan biaya pendaftaran juga dijelaskan dalam sosialisasi ini.

Hal yang menarik dari Pemira FEB UI tahun ini adalah tema barunya yang membedakannya dengan Pemira tahun-tahun sebelumnya, yaitu “Politik Transaksional Murah”. Mario selaku koordinator Divisi Rules and Regulation menyatakan, “Selama ini kan demokrasi identik dengan gaining attention dengan jumlah dana yang besar. Kampanye Pemira UI bisa mencapai 50 juta dan di FE sendiri tahun lalu sampai 5 juta. Kami ingin agar di Pemira tahun ini, fairness ditingkatkan dengan penerapan biaya kampanye yang murah.”

Tema baru tersebut tercermin pada pembatasan biaya kampanye yaitu maksimal 1,5 juta untuk calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB UI dan maksimal 1 juta untuk calon anggota independen BPM FEB UI. Selain itu, panitia Pemira FEB UI 2015 juga bertekad untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi di Pemira tahun-tahun sebelumnya dan menggencarkan sosialisasi peraturan dan pelaksanaan Pemira demi Pemira FEB UI 2015 yang lebih baik.

 

Penulis: Tiara Amalia Puteri

LEAVE A REPLY