Parade Olimpiade UI x Universiade UI 2015

0
177

Rangkaian pembukaan Olimpiade UI x Universiade UI 2015 diawali dengan parade yang dilakukan pada Senin, 2 November 2015 mulai pukul 14.00. Parade diikuti oleh kontingen dari seluruh fakultas dan melalui seluruh area jalan utama UI. Parade ini merupakan salah satu perayaan dan pengenalan ajang perlombaan olahraga tingkat UI yang biasa disebut OLIM UI.

Acara ini diikuti oleh berbagai kontingen fakultas. Kontingen FEB UI, sebagai salah satu peserta Olimpiade yang merupakan perwakilan FEB UI di ajang ini juga ikut serta dalam parade. Massa Kontingen dan Departemen Olahraga BEM FEBUI sudah berkumpul di titik temu selasar FEB UI sejak pukul 13.00. Rombongan parade baru terkumpul dari seluruh unsur mahasiswa FEB UI pukul 14.00 bertepatan dengan waktu keberangkatan rombongan parade. Yel-Yel “Economic goes marching in”mulai menggema di seluruh sudut selasar FEB UI menandakan keberangkatan rombongan untuk bergabung dengan rombongan dari fakultas lain.

Suasana semakin riuh ketika seluruh rombongan dari fakultas berbeda bertemu dan membentuk satu barisan panjang. Adu balas yel-yel tak terhindarkan dan bahkan sempat menjurus kepada provokasi. Beruntung peserta parade tidak menganggap serius ejekan dan usaha provokasi dari rombongan lain. Meski begitu, parade tetap berjalan dengan semarak, riuh, namun terkendali. Adapun romobngan pertama berangkat dari FH dan kemudian ke arah Psikologi dan rombongan psikologi bergabung dengan barisan. Begitu seterusnya dengan urutan FISIP, Fasilkom, FIB, FEB, FT, VOKASI, FMIPA, FF, FKM, FIK, FKG dan FK. Seluruh rombongan kemudian berkumpul di Balairung UI untuk mengikuti acara selanjutnya yakni Opening Ceremony.

 

Gesekan rombongan

Sempat terjadi insiden kecil berupa gesekan antar rombongan di wilayah parkir motor Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). Rombongan Vokasi terlibat saling ejek dan provokasi dengan rombongan dari FH. Buntutnya, ada oknum mahasiswa yang menyalakan flare ditengah parkiran motor. Hal ini tentu berbahaya karena flare dinyalakan ditengah puluhan kendaraan yang membawa bensin. Khawatir akan memicu kekacauan lebih lanjut satpam RIK pun turun tangan melerai dan membubarkan kedua rombongan yang bergesekan.

“Iya tadi salah satu dari mereka menyalakan api (flare) di tengah parkiran. Takutnya kan menyambar bensin motor. Ya saya bubarkan saja,” ujar salah satu satpam RIK yang enggan dicantumkan namanya.

Parade Olimpiade UI x Universiade UI 2015 secara keseluruhan berjalan dengan semarak. Suasana persaingan sudah terlihat sejak pembukaan acara. Dengan selesainya parade ini juga menandakan bahwa Olimpiade UI segera dimulai.

 

Penulis: Emil Muhammad

LEAVE A REPLY