Langkah Awal Menentukan Wakil Mahasiswa FEB UI

0
184

Sebuah ritual tahunan akan segera berlangsung pada tanggal 30 November mendatang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Layaknya Pemilihan Umum yang diadakan untuk memilih pemimpin negri ini, Pemilihan Raya (Pemira) 2015 juga akan segera diselenggarakan di FEB UI. Seluruh masyarakat FEB UI berhak untuk memberikan suara mereka dalam memilih calon-calon yang terdaftar. Mereka yang terpilih kemudian akan menempati kursi-kursi sebagai wakil mahasiswa di berbagai organisasi tingkat fakultas. Organisasi-organisasi ini meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), dan Badan Semi Otonom keilmuan (SPA, MSS, dan Kanopi) di FEB UI.

Hingga Rabu, 11 November 2015, sudah terdapat dua pasang bakal calon ketua dan wakil ketua BEM, serta tujuh bakal calon anggota independen BPM FEB UI yang telah mengambil formulir pendaftaran. Berbeda dengan pendaftaran bakal calon ketua BEM dan anggota independen BPM, bakal calon untuk menempati posisi ketua BSO keilmuan tidak mendaftar melalui Pemira, melainkan melalui organisasi masing-masing sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan.

Pendaftaran sudah ditutup pada Rabu, 11 November 2015. Berbagai macam ketentuan administratif harus dipenuhi oleh setiap bakal calon maupun pasangan. Pengumpulan dokumen administratif harus diserahkan pada batas verifikasi 1, yaitu Jumat 13 November 2015. Apabila seluruh dokumen yang dibutuhkan belum terlengkapi hingga Jumat, Panitia Pemira akan memberikan toleransi injury time hingga batas verifikasi 2, yaitu Senin siang, 16 November 2015. Di sore hari yang sama, Pemira akan mengumumkan nama-nama calon yang lolos seleksi administratif dan berhak untuk mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya.

Selanjutnya, para calon ini akan menjalankan masa kampanye yang akan dimulai pada 17 November 2015. Pada masa kampanye ini, para kandidat calon berhak untuk memasang flyer dan poster, serta berkewajiban untuk menjalani eksplorasi publik serta panelis. Hal ini berlaku untuk seluruh calon ketua, baik BPM, BEM, BO, maupun BSO.

“Mereka boleh memasang flyer di tempat yang Pemira tentukan, yang jelas tidak boleh di perpustakaan, tempat ibadah, dan di dalam kelas. Untuk pemasangan poster, Pemira akan menyediakan medianya. Kemungkinan besar terletak di depan kantin,” ujar Mario, salah satu koordinator Pemira FEB UI 2015.

Usainya masa kampanye dilanjutkan dengan masa tenang kampanye, yang berlangsung pada Jumat 27 November hingga Minggu 29 November 2015. Selanjutnya, proses pemungutan suara akan dilakukan pada Senin, 30 November. Seluruh masyarakat FEB UI berhak untuk memberikan suaranya pada hari itu. Rangkaian proses pemungutan suara untuk seluruh calon ketua BEM, BPM, BO, maupun BSO akan dilaksanakan secara tersentral oleh panitia Pemira FEB UI 2015.

“Kami masih mempertimbangkan dua mekanisme voting, yaitu secara manual atau menggunakan e-voting. Keduanya mengharuskan pemilih untuk datang ke pos yang disediakan dan menunjukkan identitas mereka dengan KTM. Bedanya, jika menggunakan cara manual, pemilih akan mencontreng atau mencoblos pilihan mereka, tetapi jika e-voting, mereka akan memilih melalui aplikasi di laptop yang akan kami sediakan. Namun cara mana yang akan kami gunakan sampai saat ini belum kami pilih. Hasil pemungutan suara akan kami umumkan segera setelah perhitungan suara kami selesaikan,” tutur Mario ketika ditanya mengenai mekanisme pemungutan suara.

 

Penulis: Latasha Desideria

LEAVE A REPLY