PKM-P OIM UI – Lebih Mengedepankan Manfaat

0
174

Hari keempat pelaksanaan OIM UI, Rabu, 7 Oktober 2015, diisi dengan perlombaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P). Acara ini dilaksanakan pada pukul 09:00 WIB sampai 15.20 WIB di Ruang 5B, Perpustakaan Universitas Indonesia. Idham Zamzawi, koordinator PKM-P OIM UI, menyatakan bahwa seluruh tim dari berbagai fakultas turut serta dalam perlombaan ini. Tiap tim mempresentasikan gagasannya dalam waktu 20 menit, 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk sesi tanya jawab dengan juri.

Juri PKM-P OIM tahun ini ada tiga orang, yakni, Prof. Dr. Ratu Ayu Dewi Sartika. Apt. MSc, Prof. Dr. Ir. Slamet. M.T, dan Pribadi Setiyanto, S.E. M.A. Salah seorang juri yaitu Pribadi Setiyanto berhalangan hadir, sehingga beliau hanya memberikan penilaian dari segi penulisan saja. Sementara dua juri lainnya ikut hadir dalam sesi presentasi. Aspek penilaian pada sesi presentasi dibagi menjadi 3 bagian, yakni pemaparan sebesar 20%, gagasan 50%, dan diskusi 30%. Bagian pemaparan berfokus pada sistematika penyajian, penggunaan bahasa, sikap presenter dan ketepatan waktu. Bagian gagasan berfokus pada kreativitas ide, manfaat penelitan dan kelayakan implementasi. Bagian diskusi berfokus pada tingkat pemahaman gagasan dan kontribusi anggota tim.

Idham menyatakan bahwa setiap tim memiliki ide-ide yang menarik dan memiliki keunikannya masing-masing. Mahasiswa Teknik Elektro 2013 ini juga menyatakan bahwa secara keseluruhan acara berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Hanya saja, ada perasaan kecewa karena salah seorang juri yang berhalangan hadir karena harus menjadi juri di ajang Pimnas.

Walaupun hanya dihadiri oleh dua juri, sesi tanya jawab tetap berlangsung seru, ditambah juri-juri yang memiliki pengalaman banyak dibidangnya masing-masing. Pada tahun ini, para juri sangat mengedepankan aspek manfaat dari proposal penelitian dari para peserta. Sehingga penelitian yang direncanakan oleh setiap tim tidak hanya bermanfaat bagi ilmu pengetahuan tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Pengumuman pemenang dalam perlombaan PKM-P akan dilaksanakan seminggu setelahnya

 

Penulis: Dimas Muhammad Anwar

LEAVE A REPLY