OPENING CEREMONY OIM UI

0
230

Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia (OIM UI) resmi dibuka pada tanggal 2 Oktober 2015. OIM UI merupakan acara keilmuan terbesar di Universitas Indonesia. Acara opening ceremony diadakan di auditorium Pusat Studi Jepang, Kampus UI Depok. Pada tahun ini OIM UI mengangkat tema persaingan dunia kerja jelang MEA: Perspektif lain. Muhammad Faathir selaku Project officer mengatakan bahwa pengangkatan tema MEA ini sekaligus membawa harapan agar anntinya semangat yang ditunjukan peserta OIM adalah cerminan dari semangat sesungguhnya dalam menghadapi persaingan global.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dan diawali oleh sambutan dari Project Officer OIM UI Muhammad Faathir, Ketua BEM UI Andi Aulia Rahman, Pelaksana Harian Direktur kemahasiswaan UI A.G. Sudibyo, dan terakhir oleh Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis. Opening ceremony juga dibuka oleh pertunjukan seni tari piring Minangkabau yang dipersembahkan oleh Ikatan Mahasiswa Minang. Pertunjukan tari piring ini juga memukau penonton dengan atraksi injak-injak beling. Rangkaian pembukaan terakhir adalah pembukaan OIM UI secara simbolik dengan pemukulan gong oleh Bapak Muhammad Anis.

Sesi Talkshow

Talkshow pembukaan OIM UI mengangkat tema “Menilik Seberapa Tingginya Kebutuhan Perusahaan Terhadap Pekerja Asing” dengan menghadirkan dua pembicara, yaitu Mohammad Mustaqim (Global Headhunter) dan Andhika Putra Sudarman (Mapres UI 2014). Mohammad Mustaqim sebagai orang yang berkecimpung di dunia tenaga kerja menekankan pada kondisi anak bangsa yang saat ini masih melihat diri sendiri inferior dibandingkan tenaga kerja asing. Sudah seharusnya mahasiswa dan almuni UI membangun relasi untuk memperkuat posisi dimanapun itu, apakah bisnis, proyek, dan lainnya. Selain itu diperlukan kolaborasi antar mahasiswa berbagai disiplin ilmu dapat disatukan dalam melakukan suatu proyek atau bisnis. Karena menurutnya, di dunia ini tidak ada superman, tetapi yang ada adalah superteam.

Andhika Putra Sudarman membuka talkshow dengan menceritakan pengalaman hidupnya yang memberinya inspirasi untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional. Kemudian Andhika menjelaskan pandangannya terhadap persiapan menuju Mesyarakat Ekonomi Asean. Menurutnya, belum ada langkah nyata untuk secara serius menghadapi persaingan global. Adapun cara-cara yang dianggap tepat antara lain m`eningkatkan kemampuan bahasa, meningkatkan produktivitas SDM, meningkatkan kualitas produk dalam negeri.

Di bagian akhir talkshow, diadakan sesi diskusi antara peserta talkshow dengan kedua pembicara. Adapun topik-topik yang didiskusikan antara lain nasionalisme dalam menghadapi persaingan global, kualitas produk-produk lokal, kompetensi para calon entrepreneur muda, hingga isu bahasa yang menjadi konsen utama dalam menghadapi persaingan global.

Rangkaian Acara opening ceremony OIM UI 2015 ditutup dengan pemberian plakat penghargaan kepada kedua pembicara dan moderator oleh project officer OIM UI dan perwakilan dari BEM UI. Serta pembacaan doa untuk kelancaran seluruh rangkaian kegiatan OIM UI yang akan dilaksanakan tanggal 2-16 Oktober 2015.

Parade Kontingen

Pembukaan OIM UI juga ditandai dengan parade kontingen tiap fakultas yang akan dilakukan setelah pelaksanaan sholat Jumat. Rute parade dimulai dari dua titik, yaitu Fakultas Teknik dan Vokasi dan akan berkumpul di satu titik yaitu Rotunda. Peserta parade akan menggunakan atribut masing-masing fakultas dan menyanyikan yel-yel fakultas sepanjang perjalanan menuju rotunda. Puncak acara dari parade ini adalah penampilan tiap fakultas yang akan diadakan di rotunda.

 

Penulis: Emil Muhammad

LEAVE A REPLY