Pesta Rakyat dan Penutupan Sosial Act 2015

0
103

Pada Minggu, 20 September 2015, diadakan pesta rakyat sebagai acara puncak sekaligus penutupan dari Social Act Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) 2015. Kegiatan ini bertempat di lapangan bekas persawahan Desa Darawolong, Kabupaten Karawang.

Kegiatan utama pada Pesta Rakyat itu adalah acara perlombaan yang terdiri atas beberapa pos perlombaan. Perlomban ini diikuti oleh mahasiswa baru yang terbagi ke dalam 40 kelompok. Selama kegiatan berlangsung, warga berdiri berjajar di sekeliling tanah lapang untuk menonton kegiatan perlombaan yang terlihat meriah tersebut.

Acara dilanjutkan dengan seni tari, vokal grup, dan pembacaan dongeng yang ditampilkan oleh anak-anak warga setempat. Anak-anak tersebut telah dilatih oleh para peserta Social Act sejak kedatangannya beberapa hari yang lalu. Acara itu ditutup dengan pidato penutupan dari Ani Utami selaku Project Officer Social Act 2015, Pak Pribadi Setyanto selaku Kepala Pusat Kegiatan Mahasiswa FEB UI, dan Edi Hartono selaku Kepala Desa Darawolong.

Menurut salah satu peserta Social Act 2015, Rinanda Maulida Johan, “Acara Social Act berlangsung dengan menyenangkan dan meningkatkan keakraban kelompok. Selain itu, melihat kehidupan di karawang, saya jadi lebih mengetahui keadaan masyarakat di desa. Ternyata banyak permasalahan yang terjadi di sana seperti mahalnya harga beras padahal daerah tersebut notabene daerah penghasil beras dan fenomena penyuapan yang dilakukan oleh warga agar mendapat pekerjaan di suatu pabrik.”

Menurut Pak Suaib, warga setempat yang bermatapencaharian sebagai buruh, adanya kegiatan Social Act ini membawa pengaruh baik bagi Desa Darawolong dan memberikan inspirasi bagi warga setempat agar bersemangat untuk menuntut pendidikan lebih tinggi.

Suasana panas terik matahari yang menyelimuti lapangan persawahan tersebut tidak menyurutkan antusiasme mahasiswa baru FEB UI 2015 dalam mengikuti pesta rakyat ini. Sayangnya, pesta rakyat ini kurang antusiasme dari warga setempat. Sehingga, terlihat bahwa acara ini hanyalah ajang pertandingan dan permainan antar mahasiswa baru FEB UI 2015 saja.

 

Penulis: Herjuno Bagus

LEAVE A REPLY