Membangun Bangsa Bersama Social Act FEB UI 2015

0
184

Pada tanggal 18 September 2015, mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) melaksanakan Social Act sebagai rangkaian terakhir dari Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 20 September 2015 dengan tema “Bersama Melangkah Membangun Bangsa.” Social Act FEB UI 2015 ini bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama bagi mahasiswa baru.

Acara Social Act 2015 resmi dibuka pada tanggal 18 September 2015 pukul 07.30 pagi. Kegiatan sosial ini diawali dengan mobilisasi ratusan Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ke Lapangan Meeting Point, Desa Darawolong, Karawang, Jawa Barat. Setelah melaksanakan mobilisasi, mahasiswa baru dibariskan didepan sebuah panggung sederhana tempat pembukaan dilaksanakan.

Acara dibuka oleh sambutan dari Project Officer Social Act 2015, Ani Utami. Dalam sambutannya, Ani berharap mahasiswa baru dapat belajar untuk mengenal sisi lain dari masyarakat. Pembukaan dilanjutkan oleh Pribadi Setiyanto S.E., M.A. selaku Kepala Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Pribadi berharap mahasiswa baru dapat membekali diri dengan belajar dari semangat berbagi dan keramahtamahan warga setempat dalam menatap masa depan. Selain memperoleh pengetahuan dari warga setempat, Pribadi ingin agar mahasiswa dapat memberikan inspirasi kepada warga sehingga warga dapat memiliki semangat untuk bercita-cita tinggi.

Pembukaan terakhir diberikan oleh Kepala Desa Darawolong, Edi Hartono, yang berharap bahwa Social Act dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru di masa yang mendatang. Edi menutup pembukaannya dengan ucapan selamat melaksanakan Kegiatan Social Act 2015. Kegiatan pembukaan diakhiri dengan foto angkatan bersama yang dikoordinasikan oleh Seksi Dokumentasi.

Seorang peserta, Alya Fardisi, mengungkapkan ekspektasinya dalam kegiatan Social Act 2015. “Saya ingin dapat berinteraksi dan mengenal langsung masyarakat desa di Karawang,” ujarnya.

Peserta Social Act 2015 nantinya akan dibagi dalam kegiatan-kegiatan yang variatif. Kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan non fisik seperti penyuluhan cuci tangan, sikat gigi, penyuluhan bank sampah kepada anak SD setempat, kegiatan fisik seperti bercocok tanam, membuat papan slogan, merakit tong sampah, dan lain-lain. Dengan kegiatan itu, mahasiswa baru diharapkan dapat semakin dekat dengan masyarakat melalui interaksi keseharian dengan hostfam masing-masing.

 

Penulis: Jennifer Yolanda Simangunsong

LEAVE A REPLY