Mahasiswa Baru FEB UI Berbagi Senyum Melalui Sebuah Gambar

0
101

Pada Sabtu, 19 September 2015, ratusan mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) tengah mengikuti kegiatan Social Act (SosAct) di Darawolong, Karawang. Disana, mahasiswa baru yang terbagi ke dalam beberapa kelompok diberikan dua jenis tugas, yaitu tugas fisik dan nonfisik. Salah satu kegiatan non fisik pada kegiatan SosAct 2015 ini adalah kegiatan “Menghias ToteBag” bersama siswa siswa kelas 5 SDN Darawolong III Kec. Purwasari, Karawang. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas anggota SosAct dan siswa siswa SDN Darawolong III serta melatih komunikasi dan kedekatan sosial.

Rombongan anggota SosAct berangkat dari balai desa Darawolong dengan mengendarai mobil pick up dan sampai di SDN Darawolong III tepat pukul 09.06 WIB. Kedatangan rombongan Sosact disambut baik oleh siswa-siswi dan pengajar SDN Darawolong III yang berdiri di depan kelas. Kegiatan menghias ToteBag yang terdiri dari menggambar dan mewarnai dilakukan oleh 16 mahasiswa baru dan ditemani oleh 2 orang mentor pembimbing. Sesampainya di SDN Darawolong III, anggota SosAct langsung diarahkan oleh panitia menuju ruang kelas berukuran 6×6 meter dengan perlengkapan mewarnai yang telah disiapkan di atas lantai beralaskan tikar.

Sistem menghias ToteBag ini dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 mahasiswa baru sedangkan siswa dan siswi SDN Darawolong III diberikan kebebasan untuk memilih kelompok mereka. Output dari kegiatan sosial ini adalah sebuah ToteBag yang akan dibagikan kepada siswa-siswi SDN Darawolong III. ToteBag tersebut merupakan hasil kreativitas antara anggota SosAct dengan siswa-siswi SDN Darawolong III. Kegiatan menggambar dan mewarnai ini berlangsung hingga pukul 11.00 WIB.

“Acara menggambar dan mewarnai ToteBag ini memang kami adakan guna meningkatkan kreativitas baik pada anak SD Darawolong III maupun mahasiswa baru FEB UI. Selain itu kegiatan ini dapat mengembangkan komunikasi antara maba dengan anak – anak. Sayangnya, apabila saya lihat kondisi sekarang mahasiswa baru terlihat belum cukup membaur. Semoga pada kegiatan lainnya tergambar suasana yang lebih membaur antara mahasiswa baru dengan masyarakat sekitar,” ucap Bethanovia Gloria salah satu panitia acara nonfisik SosAct FEB UI.

Pedapat mengenai kegiatan menghias ToteBag ini juga dilontarkan dari salah satu mentor pembimbing. “Menurut saya acara ini sangat bagus terlebih untuk anak dan maba sendiri karena dapat melatih reativitas karena semua dapat menggambar apapun. Terus ini kesannya keren banget untuk siswa siswa SD nya. Harapannya kreativitas anak semakin tinggi dan buat kakak-kakaknya dapat semakin baik berinteraksi,” ucap Izzudin Al Farras salah satu mentor pembimbing kelompok 5 anggota SosAct.

Salah satu siswa SDN Darawolong pun menjelaskan tentang perasaanya ketika mengikuti rangkaian acara menggambar dan mewarnai. “Senang, soalnya bisa menggambar dan mewarnai pakai cat bareng kakak-kakaknya, dapat tas gambarnya bagus. Sebelumnya belum pernah menggambar menggunakan cat,” ujarnya riang.

 

Penuli: Novani Karina Saputri

LEAVE A REPLY