#UIPeduli Bencana di Indonesia

0
77

Bencana terus menimpa tanah air dalam beberapa minggu terakhir, mulai dari erupsi  Gunung Sinabung, banjir di Jakarta, hingga banjir bandang di Manado. Sebagai respon atas hal tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa se-UI, School of Volunteers UI, Mahasiswa Pencinta Alam UI, dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Rektorat UI sepakat untuk melakukan aksi tanggap bencana di bawah satu paying bernama #UIPeduli. #UIPeduli lahir karena adanya kesadaran untuk memberikan bantuan dengan optimal melalui langkah yang terkoordinasi.

#UIPeduli telah melakukan beberapa aksi terkait bencana yang terjadi belakangan ini. Untuk banjir di Jakarta, #UIPeduli telah melakukan penggalangan dana, penyiapan tim relawan, pembuatan posko utama untuk informasi dan logistic, dan perkiraan titik-titik bencana beserta kebutuhan. Adapun untuk bencana erupsi Gunung Sinabung dan banjir bandang Manado, aksi difokuskan pada penggalangan dan penyaluran dana

Langkah untuk membangun gerakan yang kolaboratif tentu saja tidak boleh berhenti sampai di sini. BEM UI sebagai salah satu inisiator gerakan ini melalui ketuanya, Ivan Riansa, berharap agar #UIPeduli dapat menjadi langkah awal dari gerakan bersama seluruh civitas academica UI dan juga bisa menjadi acuan bagi kampus-kampus lainnya dalam mewujudnyatakan kepedulian atas kondisi bangsa.

LEAVE A REPLY