UI Sabet Juara III Nasional MTQMN XIV

0
157

Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV tahun 2015 telah selesai dihelat di Univesitas Indonesia selama satu minggu penuh. Pada Jumat, 7 Agustus 2015, closing ceremony MTQMN XIV digelar dengan sangat meriah di Balairung Universitas Indonesia. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dan Rektor Universitas Indonesia beserta jajarannya, perwakilan pemerintah Kota Depok, rektor dan dosen ber bagai universitas serta duta besar negara sahabat. Mahasiswa baru 2015 Universitas Indonesia juga ikut meramaikan acara penutupan malam itu. Para undangan dan peserta MTQMN yang hadir disambut lantunan sholawat saat memasuki Balairung.

Rangkaian acara penutupan MTQMN XIV dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars MTQMN yang dilantunkan oleh paduan suara Paragita Universitas Indonesia diiringi mahasiswa baru 2015. Acara dilanjutkan dengan sambutan para pejabat terkait. Direktur Pengajaran dan Kemahasiswaa UI, Arman Nefi Selaku ketua panitia MTQMN XIV menyampaikan sambutan pertama.

Mengawali sambutannya, Arman Nefi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh panitia. Terutama Liaisson Officer yang dikoordinir oleh UKM Salam UI, dan seluruh pendukung acara hingga MTQMN XIV dapat terselenggara.

Arman juga mengumumkan 7 perguruan tinggi yang telah mengajukan diri sebagai tuan rumah MTQMN XV tahun depan. Salah satunya Universitas Brawijaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menyatakan siap menjadi tuan rumah bersama.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis. Anis menyampaikan 3 harapannya terkait acara MTQMN. Pertama, tetap terjalinnya ukhuwah islamiyah antar universitas peserta MTQMN XIV yang telah terbangun selama sepekan ini. Kedua, untuk kedepannya acara ini dapat menciptakan insan cerdas yang mampu membaca, menghapal, memahami, dan mengamalakan isi Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, dengan semangat kompetisi yang patut dijunjung tinggi para mahasisiwa dapat berkontribusi bagi Indonesia melaui karya-karyanya.

“Semoga partisipasi dan kerja keras kita semua dalam menyukseskan acara ini, menjadi amal baik yang akan dibalas oleh Allah SWT, ucap Anis mengakhiri sambutannya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Menristek Dikti, Muhammad Nasir. Nasir berpesan kepada para kafilah yang belum menang janganlah berkecil hati, karena kekalahan merupakan kesuksesan yang tertunda.

Penampilan harmonisasi musik 1001 angklung Djoko Nugroho, seniman dari Bandung pun ikut menyemarakkan malam yang semakin larut. Alunan harmoni angklung mengiringi motivasi yang diisi oleh Djoko. Tak ayal, karena keunikannya mampu menarik antusias hadirin dan berkali-kali mendapat tepuk tangan. Tak ketinggalan tari Zapin yang lemah gemulai nan energik juga disuguhkan oleh Krida Budaya UI. Sekali lagi UKM paduan suara Paragita UI unjuk kebolehan membawakan lagu Para Pencarim-Mu dan salah satu lagu Maher Zain yang mendunia.

Setelah hampir dua jam rangkaian acara berlangsung, tibalah saat yang paling ditunggu oleh ribuan peserta MTQMN XIV. Yaitu pengumuman pemenang perhelatan akbar tahunan ini. Pembacaan hasil sidang dewan hakim terkait peserta terbaik disampaikan oleh ketua dewan hakim MTQMN XIV, Said Agil Hussein Al Munawwar.

Rupanya malam itu kebahagiaan mengahampiri UI karena berhasil menyabet Juara III Nasional bersama Universitas Airlangga. Untuk Juara I dan II Nasional diraih oleh Universitas Negeri Malang dan Universitas Syiah Kuala. Prestasi ini meningkat karena di ajang MTQMN sebelumnya tidak masuk deretan peringkat 10 besar Nasional.

Prestasi tersebut terwujud berkat keberhasilan di tiap-tiap cabang lomba. Berikut capaian UI di MTQ-MN XIV 2015:
1. Juara 2 Hifzhil 1 Juz
2. Juara Harapan 3 Hifzhil 5 juz
3. Juara 3 Hifzhil 10 Juz
4. Juara 3 Debat B. Inggris
5. Juara 2 Desain Aplikasi Al Qur’an
6. Juara 3 Fahmil Qur’an
7. The best speaker Debat B. Inggris a.n Nudzran Yusya

 

Penulis: Siti Nurfaizah

LEAVE A REPLY