“MTQMN XIV Sangat Mewah dan Rapi”

0
134

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV 2015 yang telah dilaksanakan sejak 1 Agustus 2015 di Universitas indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, akhirnya selesai. Acara penutupan berlangsung pada Jumat, 7 Agustus 2015. Acara ini dihadiri oleh 1.863 mahasiswa dari 167 perguruan tinggi di Indonesia serta ikut pula dimeriahkan oleh mahasiswa baru dari Universitas Indonesia. Pada kesempatan ini penganugerahan pemenang diberikan kepada para kontingen yang berhasil merebut posisi juara I,II, III, harapan I, harapan II, harapan III dan juara I,II, III untuk institusi pendidikannya.

Abdurrahmat dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengatakan bahwa MTQMN XIV meninggalkan banyak sekali kesan bagi dirinya. Abdurrahmat juga bersyukur karena tahun ini UNESA berhasil meraih juara ketiga Tartil Quran untuk Murattil. Ditambah lagi almamaternya mampu meloloskan diri di 6 cabang perlombaan sebagai finalis yaitu Qiraat Sab’ah untuk Qari, Tilawah Quran untuk Qariah, Tartil Quran untuk Murrattil dan Murattilah, Debat Ilmiah Bahasa Arab dan Debat Ilmiah Bahasa Inggris. Ia berharap ajang seperti ini mampu menjadiinspirasi untuk umat muslim lainnya.

Diah Permata Sari, Hafizhah peraih posisi pertama cabang lomba Hifzhil Quran 1 Juz, juga mengatakan bahwa MTQMN XIV sangat mewah dan rapi. Kafilah yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Sumetera Utara ini mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya ia mengikuti MTQMN dan bersyukur langsung mendapatkan juara 1. Di MTQMN selanjutnya, ia berencana untuk mengikuti ajang ini lagi namun di cabang lomba yang lain untuk mencari pengalaman baru.

Pada acara yang telah berlangsung untuk ke 14 kalinya ini, predikat juara umum berhasil diraih oleh Universitas Negeri Malang mengalahkan Universitas Syiah Kuala yang berada diposisi kedua. Sementara posisi ketiga diisi oleh dua Universitas , Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Prestasi ini meningkat karena di ajang MTQMN sebelumnya tidak masuk deretan peringkat 10 besar Nasional.

 

Penulis: Muhamad Dimas Firmanto

LEAVE A REPLY