Menjadi Inspirasi Melalui OPK FEB UI

0
225

Pada Senin, 24 Agustus 2015, ratusan mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) angkatan 2015 disambut dalam rangkaian pertama dari Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF). Rangkaian kegiatan pertama dari PSAF tersebut adalah Orientasi Pengenalan Kampus (OPK) yang berlangsung pada tanggal 24, 25, dan 27 Agustus 2015 di lingkungan kampus FEB UI. Semua mahasiswa baru FEB UI dari seluruh program studi, baik kelas reguler, pararel, maupun internasional mengikuti kegiatan ini.

Tahun ini, OPK FEB UI 2015 berusaha menyebarkan semangat untuk menjadi inspirasi pada mahasiswa baru dengan membawa tema ‘Berama Mengejar Visi, Menjadi Inspirasi’. Adapun tagline yang diajarkan kepada mahasiswa baru pada tahun ini adalah “Siap! Kami Siap! Menjadi inspirasi!” OPK FEB UI 2015 berharap semangat tersebut akan memberi manfaat yang nyata. “Gunakanlah OPK FEB UI sebagai ajang aktualisasi diri kalian,” ujar Benedicto Jonathan dalam selaku Project Officer OPK FEB UI 2015 dalam orasinya pada hari pertama OPK.

Kegiatan pada hari pertama meliputi “Dekanat Session” yang diisi oleh sambutan dan penjelasan semua informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa baru. Yang pertama adalah sambutan dari Dekan FEB UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, kemudian Ibu Wakil Dekan I, Dr. Beta Yulianita Gitaharie, S.E., M.E. memberikan penjelasan mengenai kemahasiswaan, dilanjutkan dengan penjelasan kode etik oleh Bapak Pribadi Setiyanto S.E., M.A. selaku Kepala Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), penjelasan akademik oleh Bapak Machmudin Eka Prasetya S.E., M.Ak., penjelasan mengenai Bimbingan dan Konseling (BK) oleh Ibu Dra. Cintavhati Poerwoto, dan penjelasan mengenai Pusat Sumber Belajar (PSB) oleh Ibu Endang Wahyu Lestari.

Dalam penjelasannya, Ibu Beta menekankan bahwa mahasiswa harus aktif berkegiatan juga, tidak hanya belajar secara akdemik di dalam ruang kuliah. “Jangan jadi nerd, tetap berkegiatan kemahasiswaan” ujar Ibu Beta.

Dalam menyebarkan semangat untuk menjadi inspirasi, OPK FEB UI 2015 juga mengundang alumni-alumni FEB UI dan pembicara yang dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa baru. Seminar pada hari pertama bertemakan “Light Up Your Vision, Make Your Passion” dan menghadirkan dua pembicara. Yaitu Emirsyah Satar yang merupakan alumni FEB UI dan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT. Garuda Indonesia, dan Prof. Dr. Sri Edi Swasono yang merupakan Guru Besar FEB UI sekaligus menantu pertama dari Bapak Proklamtor, Bung Hatta.

Dalam seminarnya, Prof. Dr. Sri Edi Swasono menekankan bahwa bangsa Indonesia harus lebih mengenal suku bangsanya sendiri, dan mampu menjadi tuan di rumahnya sendiri. Prof. Dr. Sri Edi Swasono juga mengatakan bahwa beliau lebih senang apabila disuguhi makanan asli Indonesia dibandingkan makanan branded dari luar negeri.

Selain itu juga terdapat beberapa kegiatan lain pada hari pertama OPK seperti spiritual session yang dibawahi Organisasi Keagamaan di FEB UI, mentoring, dan Focus Group Discussion (FGD) untuk mengakrabkan mahasiswa baru FEB UI. Seluruh kegiatan hari pertama diakhiri dengan apresiasi dari panitia OPK untuk mahasiswa baru yang telah mengikuti kegiatan.

 

Penulis: Madina Rizqia

LEAVE A REPLY