Kegiatan Daftar Ulang Mahasiswa Baru UI 2014

0
234

Depok, BOECONOMICA.com-Pada tanggal 5 – 6 Agustus 2014, Balairung Universitas Indonesia (UI) dipadati oleh ribuan mahasiswa baru dari berbagai penjuru nusantara yang datang untuk melakukan daftar ulang setelah dinyatakan lolos seleksi SBMPTN atau SIMAK UI.

Aktivitas daftar ulang di Balairung UI berlangsung dari pukul delapan  hingga menjelang malam. Pihak UI membagi kegiatan daftar ulang ini menjadi dua gelombang di tiap harinya. Pada hari pertama, yang melakukan daftar ulang pada gelombang pertama adalah mahasiswa baru dari Fakultas Teknik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Vokasi Akuntansi dan Vokasi Komunikasi, dan pada gelombang dua adalah mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Keperawatan dan Vokasi rumpun kesehatan.

Sedangkan pendaftar ulang pada hari kedua adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran, Hukum, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Vokasi Administrasi di gelombang pertama, serta Fakultas Kedokteran Gigi, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer, Vokasi Pariwisata dan Vokasi MID di gelombang kedua.

Pada hari itu, mahasiswa baru tidak hanya melakukan pendaftaran ulang. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa baru. Setelah melakukan daftar ulang, mahasiswa baru diarahkan untuk menghadiri pengarahan mengenai kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK). Selanjutnya mereka diarahkan menuju beberapa stand, yaitu stand fakultas dan jurusan untuk diberi pengenalan mengenai kegiatan mereka sebagai mahasiswa baru di awal masa kuliah, stand agama untuk diberi arahan mengenai organisasi keagamaan yang ada di UI beserta aktivitasnya, dan stand paguyuban bagi mahasiswa baru yang berasal dari luar Jabodetabek. Rangkaian aktivitas ini dikawal oleh panitia Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI 2014 dan Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM UI 2014.

Karena kegiatan ini memakan waktu yang lama melihat jumlah mahasiswa baru yang cukup banyak dan kegiatan yang panjang, tidak sedikit mahasiswa baru yang datang ke Balairung pagi hari demi mendapatkan antrian nomor awal. Bahkan ada beberapa mahasiswa baru yang sudah mengantri sejak pukul 4 pagi. Tak ayal, mereka yang datang setelah pukul 6 pagi akan mendapat nomor antrian hingga ratusan. Salah seorang mahasiswa baru asal Fakultas Teknik, Adam Bramantyo, berujar bahwa ia sudah mengantri sejak pukul 6 pagi, dan baru selesai sekitar pukul 12 siang.

Lainnya dengan Rio Samaun, mahasiswa baru jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi mengungkapkan hanya menunggu kurang lebih empat jam. “Rasanya masih susah dilukiskan keterima menjadi mahasiswa UI”, katanya saat ditanya perasaannya pertama kali daftar ulang Maba UI.

Penulis : Muhamamad Fathir

Editor    : Luqman Hakim

SHARE
Previous articleBerlibur
Next articlePerahu tanpa layar
BOECONOMICA
Gedung Student Center Lt. 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Kampus Baru UI Depok, 16424 Jawa Barat - Indonesia

LEAVE A REPLY