SUCCESS Mempermudah Mahasiswa Mendapatkan Magang

0
203

Pada tanggal 19 dan 20 Mei 2015 lalu, acara SUCCESS telah membantu mahasiswa-mahasiswa untuk mendapatkan dan melakukan magang. Student Access to do Internship (SUCCESS) adalah serangkaian acara yang memperkenalkan mahasiswa tentang dunia kerja dan magang. Acara ini diselenggarakan oleh sebuah organisasi mahasiswa yang bernama Pusat Bimbingan Karir dan Magang (PBKM). SUCCESS dibagi menjadi dua acara utama, yaitu seminar dan talkshow yang diadakan di auditorium Soeria Atmaja, dan internship expo yang berlokasi di area selasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Acara seminar dan talkshow dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2015. Sedangkan internship expo diadakan selama dua hari, yaitu tanggal 19 sampai 20 Mei 2015.

Tahun ini, SUCCESS menggunakan tema “Optimizing Youth Skill for Demographic Bonus” sebagai fondasi acara ini. Surya Darma Lubis, project officer dari acara SUCCESS tahun ini, ingin mengangkat tema tersebut karena ia berpendapat bahwa bonus demografi dapat menjadi hal yang negatif ketika kita tidak mempersiapkan untuk menghadapi itu dengan baik karena persaingan yang sangat tinggi di masa itu.

“Oleh karena itu, kita ingin mengangkat tema tentang bagaimana para pemuda itu harus mempersiapkan diri mereka kedepannya agar bisa bersaing dan punya kapabilitas”, tutur Surya.

Terdapat dua topik seminar di dalam acara SUCCESS, yaitu “Prepare Yourself, Bonus Demographic is Coming” dan topik talkshow yang berjudul “Decide your Own Career Path: The Life After University, Emloyee or Master Degree”. Menurut Surya, topik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk menghadapi bonus demografi beserta membantu mereka untuk menentukan jalur karir di masa depan. SUCCESS juga mengadakan internship expo dengan tujuan membuka kesempatan besar untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas mahasiswa melalui magang supaya bisa bersaing dengan baik di dunia kerja nanti.

Acara seminar dan talkshow terlihat berjalan dengan lancar, para peserta terlihat antusias dalam mendengarkan materi yang diberikan oleh pembicara. Acara dimulai pukul 9 pagi dan berakhir ada pukul 4:30 sore. Ketika pergantian sesi, panitia acara memberkan sebuah doorprize bagi peserta yang beruntung untuk mendapatkannya.

Tahun ini adalah kali ke empat acara tahunan SUCCESS dilaksanakan. Trias Rinky, koordinator marketing dari acara tersebut, berharap bahwa SUCCESS dapat menjadi acara yang lebih baik lagi. Ia juga berharap bahwa acara ini semakin memudahkan para mahasiswa yang menghadiri acara ini untuk mencari lowongan dan melakukan magang.

 

Penulis: Fauzan Kemal Musthofa

LEAVE A REPLY