Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa ke-30: “Meneropong Panggung Jurnalistik Masa Kini”

0
119

Lembaga Pers Mahasiswa ASPIRASI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) kembali akan mengadakan acara tahunan, Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa (PJM), yang mana kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi jurnalistik kepada mahasiswa hingga masyarakat yang dipandu langsung oleh pembicara-pembicara terbaik di bidang jurnalistik.

Mengusung tema ‘Meneropong Panggung Jurnalistik Masa Kini’, PJM kali ini memiliki tujuan agar masyarakat luas khususnya para jurnalis dapat berpegang teguh pada asas-asas keberimbangan berita, ketajaman fakta, dan tanpa keberpihakan pada pihak tertentu di tengah arus informasi yang membanjiri setiap lini media masa. “Namun media-media masa kini banyak yang sudah keluar jalur dari asas-asas tersebut. Banyaknya drama dan skenario pada media massa tak lebih dari sebuah ‘panggung’ belaka. Untuk itu kita, sebagai jurnalis-jurnalis perlu untuk mengkaji, menyimak, serta mempelajari dunia jurnalistik saat ini,” ujar Haris Prabowo selaku ketua pelaksana PJM ke-30.

Ada yang berbeda dari PJM ke-30, acara yang berlangsung pada tanggal 18-21 Mei 2015 ini akan memberikan pendidikan jurnalistik berupa workshop secara eksklusif untuk setiap kelasnya. Disini peserta dapat memilih kelas mana yang ingin diikuti sesuai dengan passion, berbeda dengan tahun kemarin dimana mengharuskan peserta untuk mengikuti semua kelas yang ada di PJM.

Tersedia 7 kelas berbeda seperti Kode Etik Jurnalistik, Basic Reporter, Teknik Investigasi, Fotografi Jurnalistik, Mekanisme Kerja Redaksi (sekaligus Kunjungan Redaksi), Kartun Karikatur, dan Design Grafis, dan setiap kelas hanya tersedia 50 kursi. Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 35.000,- , peserta dapat memilih kelas mana yang ingin diikuti (kecuali kelas Mekanisme Kerja Redaksi + Kunjungan Redaksi sebesar Rp. 70.000,-).

Kegiatan yang akan berlangsung di Auditorium lt.4, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta selama 4 hari ini, pastinya merupakan event yang pantang untuk dilewatkan mengingat PJM tahun ini akan diisi oleh ‘guru-guru’ yang sudah ahli di bidangnya.

Tak hanya itu, bersamaan dengan PJM30 kami juga mengadakan Photo Exhibition Aspirasi 2015 pada tanggal 19-20 Mei 2015 berlokasi di Ubin Merah, Fakultas Ekonomi, UPNVJ. Mini-gallery yang mengangkat tema “Jakarta Bercerita” ini, bertujuan untuk menampilkan foto-foto jurnalistik hasil dari LPM Aspirasi dan beberapa LPM/pers mahasiswa yang ada di Jabodetabek.

Tidak menutup kesempatan, mahasiswa umum pun dapat ikut serta memamerkan hasil foto mereka. Dengan syarat memiliki unsur jurnalistik dan unsur human interest. Pendaftaran kontribusi tidak dipungut biaya dan foto yang menarik akan mendapat bingkisan dari LPM Aspirasi.

Pendaftaran PJM30 dan Photo Exhibition Aspiarasi 2015 :
Fitri : 083877881504 / bbm : 290FF7EC
Yoza : 082299358020 / bbm : 51D9413F

Pembayaran transfer melalui :
BNI                  : 0340100927 a/n Fitri Permata Sari
MANDIRI         : 90000-1989-8056
 a/n Yoza Riska
BCA                 
2030392143 a/n Vony Mulyany

*Harap konfirmasi sebelum/setelah transfer

 

Tentang Lembaga Pers Mahasiswa ASPIRASI

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ASPIRASI merupakan media komunikasi dan informasi kampus Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta yang berdiri sejak 31 Oktober 1983. Sudah 31 tahun LPM ASPIRASI menjadi pilar informasi dan pondasi kontrol sosial di UPNVJ. Produk-produk LPM ASPIRASI berupa Majalah, Jurnal Bulanan, serta Online. Selain redaksional, LPM ASPIRASI juga memiliki beberapa kegiatan non-redaksional seperti bedah buku, pemutaran film, Dies Natalis LPM ASPIRASI, dan salah satu event terbesar kami yaitu Pendidikan Jurnalistik Mahasiswa (PJM). Hingga saat ini LPM ASPIRASI konsisten menjadi ruang informasi yang terus mengedukasi mahasiswa dengan berita-berita sesuai dengan fakta yang terpercaya.

 

Alamat Redaksi
Kampus UPNVJ – Jln. RS. Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450
Website : www.aspirasionline.com – Twitter : @LPMaspirasi – Instagram : @LPMaspirasi

LEAVE A REPLY