Kronologi Aksi Menolak BG, 29 April 2015

0
133

Aksi yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan BEM se-UI yang menolak pengangkatan Budi Gunawan sebagai wakapolri berlangsung cukup panjang. Tidak hanya melakukan orasi di depan Markas Besar (Mabes) Polri, aksi yang dilakukan pada hari Rabu, 29 April 2015, juga membuahkan audiensi dengan pihak kepolisian. Aksi diawali dari depan Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, kemudian bertolak ke Mabes Polri. Berikut kronologi aksi yang dilakukan oleh BEM UI dari awal hingga akhir.

12.30
Para peserta aksi mulai berkumpul di halte Fakultas Psikologi UI

13.30
Para peserta aksi mulai berbaris dan melakukan orasi di depan halte Fakultas Psikologi UI dan
menyanyikan lagu “Totalitas Perjuangan”

13.50
Berangkat dari depan Fakultas Psikologi UI menuju Mabes Polri menggunakan bus

15.30
Tiba di Mabes Polri. BEM UI beserta perwakilan BEM fakultas lainnya bersiap-siap menuju lokasi aksi. Tepatnya di depan pintu gerbang Gedung Baharkam Polri. Mereka mulai melakukan beberapa orasi secara bergantian.

Massa aksi selalu menyerukan “Tolak BG!” dan menyanyikan lagu “Totalitas Perjuangan” berulang kali.

15.50
Perwakilan BEM UI dan BEM fakultas diizinkan masuk untuk melakukan audiensi di dalam. Sementara, peserta aksi yang lain tetap di luar melakukan orasi.

Tidak hanya orasi dan bernyanyi sambil bertepuk tangan serta menghentakkan kaki, salah satu peserta aksi juga melakukan aksi teatrikal dengan bersujud memohon jawaban atas diamnya polisi akan pengangkatan Budi Gunawan sebagai Wakapolri yang dinilai cacat hukum.

16.10

Polisi mendatangkan tambahan personel Brimob sekitar 30 orang yang mengelilingi kerumunan aksi.

Peserta aksi semakin merapatkan barisan. Kemudian bernyanyi sambil berjingkrak-jingkrak.

17.00

Perwakilan BEM UI dan BEM fakultas yang melakukan audiensi keluar. Andi Aulia Rahman sekalu Ketua
BEM UI melakukan orasi terakhir terkait hasil audiensi sekaligus menutup aksi hari itu.

 

Hasil dari audiensi BEM UI dan perwakilan BEM fakultas dengan pihak Polri saat itu adalah akan diadakannya gelar perkara yang rencananya akan diselenggarakan dua minggu lagi. Pihak BEM UI juga akan diundang dalam gelar perkara tersebut. Sebagai tindak lanjut dari aksi ini, BEM FH UI, BEM FEB UI, dan perwakilan BEM se-UI lainnya menyatakan kemungkinan akan hadir.

 

 

Penulis: Devianto

LEAVE A REPLY