Keterbukaan Penting Bagi Reformasi Birokrasi Polri

0
166

Rabu, 29 April 2015, BEM se-UI sepakat untuk melaksanakan aksi penolakan terhadap pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Wakapolri di Mabes Polri. Aksi ini didasari oleh pernyataan sikap BEM se-UI yang telah disampaikan seminggu sebelumnya oleh ketua BEM UI, Andi Aulia Rahman. Selain itu, aksi ini juga merupakan cerminan konsistensi sikap BEM se-UI dalam mewujudkan Polri yang bersih dari korupsi. Hampir semua perwakilan dari masing-masing BEM fakultas se-UI hadir dalam aksi ini. Terhitung hanya ada tiga perwakilan BEM yang absen, yakni BEM FIB, FISIP, dan Vokasi. Tidak hadirnya mereka bukan karena penolakan mereka terhadap tuntutan yang disampaikan, melainkan karena kebetulan mereka tidak dapat hadir dalam aksi tersebut.

Kepala Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FEB UI, Irsyan Maududy, memberikan tanggapannya terkait aksi penolakan tersebut. Irsyan mengatakan bahwa aksi penolakan yang berlangsung merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perwujudan sikap BEM UI terhadap penyelamatan institusi kepolisian Republik Indonesia. Irsyan menambahkan bahwa dengan diangkatnya BG sebagai Wakapolri hanya akan mengurangi semangat reformasi Polri dan kepercayaan masyarakat kepada institusi tersebut. “Gimana mau reform kalau trust dari masyarakat untuk partisipasi publik udah gak ada,” ujar Irsyan.

Selain menanggapi aksi kemarin, Irsyan juga menyampaikan harapannya mengenai permasalahan yang saat ini membelit institusi yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tersebut. Mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi tersebut berharap agar kedepannya Kepolisian Republik Indonesia menjadi institusi yang bersih dari korupsi dan memiliki transparansi terhadap publik. Menurutnya, bentuk transparansi publik yang dapat dilakukan oleh Polri adalah dengan digelarnya gelar perkara yang dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia. “Harus terbuka sih intinya kaya sekarang masyarakat jadi bingung dengan pengangkatan ini, keterbukaan penting bagi reformasi birokrasi yang ada di Polri.” Tutur mahasiswa semester 4 tersebut.

Menjelang sore, perwakilan BEM UI dan BEM fakultas diizinkan masuk untuk melakukan audiensi di dalam Mabes Polri. Sementara di luar, peserta aksi yang lain tetap melakukan orasi. Sementara itu, sejumlah petugas terlihat masih tetap mengawal jalannya aksi di depan Mabes Polri.

 

Penulis: Respati Suta Wibawa

LEAVE A REPLY